Jelang Asian Games 2018, Pelatih Hoki India Punya Cara Unik Disiplinkan Pemainnya

Selasa, 14 Agustus 2018 17:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Scroll.in
Pelatih hoki India sedang memberikan pengarahan kepada para pemainnya saat latihan. Copyright: © Scroll.in
Pelatih hoki India sedang memberikan pengarahan kepada para pemainnya saat latihan.

INDOSPORT.com – Pelatih tim hoki putra India memiliki cara yang tidak lazim untuk mendisiplinkan para pemainnya menjelang Asian Games 2018, yakni dengan topi ayam.

Menjelang turnamen akbar seperti Asian Games, setiap pelatih tentu saja menginginkan para atletnya berlaku disiplin dalam berlatih maupun saat bertanding di negara tuan rumah. Umumnya, para pelatih akan menggunakan hukum fisik atau denda uang sebagai bentuk kedisiplinan para atletnya.

Hal ini juga dilakukan oleh pelatih hoki India, Harendra Singh, selama menukangi kamp kepelatihan timnas hoki. Namun selain itu, ia juga menggunakan cara unik untuk membantu para pemainnya semakin tangguh.

Mungkin ini sanksi paling kreatif diantara sanksi lainnya, dengan Harendra menggunakan topi ayam jago yang dibuat sendiri olehnya. Ia akan menyuruh para pemain menggunakannya di depan umum setiap kali mangkir dari latihan.

“Topi ayam jago jadi hal yang saya tegakkan juga di tim hoki junior India,” kata Harendra dilansir First Post.

“Jika Anda melakukan hal yang lucu selama latihan atau melakukan sesuatu yang merugikan tim, atau membuat kesalahan lucu, Anda harus memakai topi sampai orang lain melakukan hal yang sama. Kemudian Anda memberikan topi itu kepadanya,” jelasnya.

“Kami membuat para pemain memakainya sehingga kami bisa mengatakan bahwa dari kejauhan pemain ini telah melakukan sesuatu yang bodoh hari ini.”

Hukuman tersebut sebenarnya hanya tambahan dari Harendra, sementara dirinya juga masih memberlakukan hukuman untuk pelanggaran, seperti melakukan push up, berjalan dengan menggendong rekan setim, dan juga sanksi uang.

Harendra menjelaskan alasan di balik hukuman itu, “Ini bukan hanya untuk mendisiplinkan para pemain ini. Jika 10 rekan Anda melakukan hal yang benar, dan Anda melakukan hal yang salah, maka ini menjadi pengingat bahwa Anda harus bertindak sesuatu pemikiran tim.”

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT.