Jadi Bahan Olok-olok, Ternyata Ada Makna Khusus di Balik Logo SEA Games 2019

Kamis, 30 Agustus 2018 16:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© spin.ph
Logo SEA Games 2019. Copyright: © spin.ph
Logo SEA Games 2019.

INDOSPORT.com – Menteri Luar Negeri Filipina, Alan Peter Cayetano, pernah mengungkapkan makna di balik logo SEA Games ke-30 2019, setelah logo tersebut menuai ejekan dari berbagai pihak dalam forum rapat.

Filipina akan menjadi tuan rumah  SEA Games 2019. Berbagai macam persiapan, termasuk logo pun telah dikerjakan. Namun logo SEA Games 2019 menuai komentar negatif dari para warganet Filipina. Maklum saja, desainnya terkesan terlalu sederhana. Hanya ada komponen lingkaran tanpa ada hiasan lainnya.

Namun di samping berbagai macam ejekan yang diterima setelah logo tersebut di rilis, Cayetano mengungkapkan makna khusus di balik logo SEA Games 2019.

“Logo kami terdiri dari 11 lingkaran yang mewakili 11 negara (Asia Tenggara) yang saling terikat bersama dalam bentuk peta Filipina untuk melambangkan bahwa di manapun dan kapanpun pertandingan berlangsung, kami adalah satu dan kami menang sebagai satu,” tutur Cayetano, seperti dikutip dari Rappler.

Dalam penjelasannya, logo tersebut berupa 11 lingkaran dalam warna berbeda-beda yang disebut ‘Fami’, artinya keluarga atau ‘pamilya’ dalam bahasa Filipina, yang menggambarkan semua negara adalah satu keluarga.

Cayetano juga menjelaskan bahwa logo SEA Games 2019 tersebut masih dalam tahap proses, dengan keseluruhan persiapan SEA Games yang akan diresmikan pada bulan Oktober atau November mendatang.

“Itu logonya, tetapi tentu saja ini masih dalam proses,” kata Cayetano.

Ajang SEA Games 2019 sendiri sendiri bakal digelar pada 30 November hingga 10 Desember 2019 di Clark City, sebuah kota baru dibangun oleh Filipina. Selain Clark City, kota Metro Manila dan Subic Freeport juga akan menjadi lokasi even dengan mempertandingkan 30 cabang olahraga.

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT.
 

6