Skater Thailand Ini Pernah Rasakan Makan dari Sisa Sampah

Kamis, 30 Agustus 2018 11:54 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© AFP/Mohd RASFAN
Atlet skateboard dari Thailand, Oat Athiwat. Copyright: © AFP/Mohd RASFAN
Atlet skateboard dari Thailand, Oat Athiwat.

INDOSPORT.COM - Skater muda ini memang gagal meraih medali di Asian Games 2018. Namun, perjuangannya bisa menginspirasi kita semua. 

Oat Athiwat tak menyangka bisa berlaga di ajang sebesar Asian Games 2018. Sekalipun dia gagal meraih medali (berada di posisi empat), dia berani bermimpi ingin tampil di Olimpiade Tokyo 2020, dimana cabang skateboard akan pertama kali dipertandingkan.

Kisah hidup pria 24 tahun ini menguras air mata. Diabaikan kedua orang tuanya, dititipkan ke saudaranya namun mengalami kekerasan sehingga merasakan hidup di jalan dan makan dari sisa sampah.

"Saya terbiasa makan apa saja, bahkan permen karet yang dibuang dilantai atau sisa makanan di tempat sampah," Oat menceritakan kisah hidupnya sambil mengusap air matanya seperti dikutip dari Channel News Asia.

Seorang mahasiswa memperkenalkannya kepada olahraga papan luncur itu dan Oat langsung tertarik. Kemudian nasib baik mempertemukan dengan Timnas Thailand yang melihat kegigihan Oat yang saat itu masih 11 tahun. Pihak asosiasi olah raga ekstrim akhirnya memberikan papan luncur karena melihat kegigihannya.

"Kami tersentuh dengan kisahnya jadi kami memutuskan membawanya. Selama ini seleksi didasarkan pada kemampuan namun tak ada salahnya kami merekrutnya," ujar Apichat Rutnin dari Asosiasi Olahraga Ekstrim Thailand.

Rutnin memaparkan kemampuan Oat biasa saja alias bukanlah skater berbakat. Namun Oat sosok yang disiplin, percaya diri dan berkemauan keras membuat mereka tergerak untuk merekrutnya.

Di usia 14 tahun Oat menempati peringkat satu amatir. Pihak pemerintah Thailand pun juga berusaha mendukung para pelaku olahraga ini dengan mengirimkan para atletnya latihan di Amerika Serikat (AS).

Berbeda dengan skater di AS dan negara Eropa yang mendapat limpahan sponsor sehingga bisa rutin mengikuti kejuaraan dan bereprestasi, skater di Asia kebanyakan harus keluar uang sendiri untuk membiayai kebutuhan mereka sekalipun ada juga yang sudah mendapat sponsor.

Olahraga skateboard baru pertama kali dpertandingkan di Asian Games 2018. Jepang menyapu bersih emas sementara Indonesia meraih dua perak dan dua perunggu.

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT.