Meski Dapat Medali, Atlet Asian Games India Justru Susah Cari Pekerjaan

Jumat, 31 Agustus 2018 03:29 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sejumlah pemanah peraih medali asal India berharap prestasi yang telah diraih saat Asian Games 2018 ini akan membantu mereka mendapatkan pekerjaan di luar bidang olaharaga. Tim panahan India sendiri berhasil meraih medali perak di masing-masing nomor beregu putra dan putri.

Rajat Chauhan, Aman Saini, Jyothi Surekha, dan Madhumita Kumari berharap medali yang telah mereka raih dapat menjadi pertimbangan kepada perusahaan untuk merekrut mereka menjadi pegawai. Sementara itu, Abhishek Verma berharap mendapatkan promosi di tempat kerjanya yang selama ini ia idam-idamkan.

“Saya telah memenangkan banyak medali sejak debut internasional saya pada tahun 2013. Saya selalu berharap setelah mendapatkan medali, saya akan mendapatkan tawaran pekerjaan. Akan tetapi, tidak ada satu pun yang mendatangi saya. Saya sangat kecewa,” kata Chauhan kepada Times of India.

Hal tersebut mendapat respons dari salah satu staf tim. Menurutnya, Chauhan telah menghabiskan banyak waktu untuk berlatih, dan berkat ketekunannya tersebut ia berhasil mengukir prestasi bagi negaranya. Ia bahkan tidak memiliki cukup banyak waktu untuk belajar.

“Rajat menggunakan delapan jam waktunya dalam sehari untuk berlatih. Jika dia tekun belajar tentu saja dia akan mendapatkan pekerjaan dari pemerintah. Haruskah kita membiarkan para atlet memohon-mohon pekerjaan? Itu sudah tugas pemerintah untuk memastikan para atlet berprestasi memiliki pekerjaan tetap,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan para atlet lainnya. Abhishek Verma menanti promosi di kantornya yang telah ia tunggu bertahun-tahun. Jyothi Surekha berniat melanjutkan pendidikannya ke jenjang pascasarjana agar lebih mudah mencari pekerjaan. Sementara itu, Madhumita Kumari berharap segera mendapat pekerjaan guna membantu ekonomi keluarganya.

“Jika saya punya pekerjaan saya bisa membantu keluarga saya dalam hal finansial,” kata Kumari.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT