Komunitas Sehat

Tak Perlu Olahraga, Ini 3 Cara untuk Turunkan Berat Badan Sambil Tidur

Kamis, 15 November 2018 14:45 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Cara turunkan berat badan saat tidur. Copyright: © INDOSPORT
Cara turunkan berat badan saat tidur.

INDOSPORT.COM - Tidur bukan cuma untuk mengistirahatkan tubuh dari aktivitas harian yang melelahkan saja, tetapi juga dapat menolong Anda untuk mencapai berat badan yang ideal, lah kok bisa?

Hal ini dinyatakan oleh seorang dosen psikolog yang juga ahli ilmu saraf dari University of California di Amerika Serikat bernama Matthew Walke.

Dia juga bilang kalau tidur malam yang nyenyak itu salah satu faktor penting yang turut serta dalam menentukan berat badan.

Tak hanya mendapatkan tidur yang maksimal, sangat penting untuk Anda agar melakukan beberapa langkah yang dipercaya dapat membantu untuk mengurangi berat badan selama tidur. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya seperti dilansir dari HS:

Keadaan Gelap

© VideoBlocks
Cara turunkan berat badan saat tidur salah satunya dengan keadaan gelap. Copyright: VideoBlocksCara turunkan berat badan saat tidur salah satunya dengan keadaan gelap.

Tidur dalam ruangan yang gelap dengan memadamkan lampu atau TV diyakini dapat membuat tubuh akan menghasilkan hormon melatonin.

Menurut penelitian yang dirilis dalam Journal of Pineal Research, hormon melatonin bukan hanya berperan untuk membuat Anda merasa ngantuk, namun juga bisa membantu produksi brown fat atau lemak kecokelatan. Lemak ini bermanfaat dalam pembakaran kalori tubuh.

Hal ini yang membuat Anda disarankan agar dapat mematikan lampu atau sumber cahaya apa pun ketika tidur.

Karena, semakin gelap kondisi kamar Anda, maka semakin banyak pula jumlah hormon melatonin yang diproduksi dari tubuh guna untuk mengurangi lemak pada tubuh.

Udara Sejuk

Tidur dalam ruangan yang sejuk bisa membantu membakar kalori lebih banyak, lagi-lagi dengan bantuan dari brown fat. Dilansir dari laman Times, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan jika tidur dengan suhu dingin dapat membakar kalori lebih banyak daripada tidur di ruangan biasa atau hangat.

Penelitian yang melibatkan sejumlah pria ini, mewajibkan agar tidur pada suhu 18-19 derajat Celsius selama 30 hari alias sebulan.

Setelah itu, didapatkan hasil jika brown fat dalam tubuh pria mengalami peningkatan mencapai 42 persen dan 10 persen lagi adalah perbaikan dalam aktivitas lemak metabolik.

Kondisi ini karena adanya peningkatan brown fat atau lemak cokelat yang bukan hanya bisa membakar kalori, namun juga bantu menambah sensitivitas insulin yang berhubungan dengan obesitas serta diabetes.

Selain itu, tidur dengan suhu dingin juga dapat membuat tubuh berjuang lebih keras untuk mendapatkan kembali kestabilan suhu tubuh dengan cara melibatkan pembakaran kalori.

Matikan Gadget

© Harvard Health
Cara turunkan berat badan saat tidur salah satunya dengan tidak melihat gadgets. Copyright: Harvard HealthCara turunkan berat badan saat tidur salah satunya dengan tidak melihat gadgets.

Sebelum tidur, pastikan semua peralatan elektronik, mau itu gadget, laptop, atau benda elektronik lainnya sudah dalam keadaan mati.

Hal ini karena cahaya biru (blue light) yang berasal dari gadget, laptop, atau televisi, juga sejumlah alat elektronik lainnya dapat mengganggu system produksi melatonin dalam tubuh.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, melatonin berperam untuk menghasilkan brown fat, yang mempunyai tujuan untuk membakar kalori.

Jadi saat tubuh terlalu banyak terkena cahaya biru, maka metabolisme Anda menjadi berantakan. Akibatnya, nantinya hal ini akan tak mudah untuk membakar kalori ketika Anda tidur.

Ikuti terus berita Tips dan Trik di INDOSPORT.COM