Komunitas Sehat

Malas Olahraga Karena Gemuk? Begini Cara Gampang untuk Memulainya

Jumat, 30 November 2018 11:11 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Biasanya orang gemuk lebih suka santai sambil tiduran ketimbang berolahraga. Copyright: © INDOSPORT
Biasanya orang gemuk lebih suka santai sambil tiduran ketimbang berolahraga.

INDOSPORT.COM – Punya badan yang gemuk/obesitas memang terkadang tidak menyenangkan. Selain membuat mudah lelah, badan gemuk juga membuat kita lebih senang dengan aktivitas yang tidak terlalu berat.

Kemudian, banyak diantara kita yang menyadari bahwa kegemukan memang tidak selalu menarik jika dipandang dari sudut pandang orang lain. Selain kesannya yang jelek, gemuk juga bisa mengindikasikan suatu masalah kesehatan pada pengidapnya.

Olahraga menjadi salah satu aktivitas alternatif yang bisa dijadikan cara orang gemuk/obesitas untuk bisa menurunkan berat badan hingga sesuai dengan keinginan si pengidapnya. Tapi kebanyakan orang gemuk berpikir kegiatan ini memang selalu saja melelahkan.

Olahraga juga sebenarnya sangat diperlukan untuk semua orang, terkhusus untuk orang gemuk/obesitas. Memang awal-awal sangat sulit bergerak karena beban tubuh yang besar. Sebenarnya, olahraga juga bisa menjadi gaya hidup orang gemuk apabila bisa memulai dengan cara yang tepat.

Berikut INDOSPORT sudah merangkum bagaimana cara yang tepat untuk memulai olahraga untuk orang gemuk dilansir dari Hello Sehat.

1.)    Olahraga Yang Aman

© INDOSPORT
Ilustrasi orang berbadan gemuk sedang berenang. Copyright: INDOSPORTIlustrasi orang berbadan gemuk sedang berenang.

Kondisi badan yang gemuk atau obesitas terkadang membuat tingginya tingkat stress organ jantung, jaringan tulang dan persendian. Maka dari itu, mulailah olahraga dengan intensitas yang ringan dan mempunyai beban yang tidak terlalu besar.

Hal ini bisa saja dikonsultasikan dengan dokter ataupun kepada para instruktur olahraga lainnya. Lakukanlah olahraga yang bisa dilakukan sehari-hari serta memprioritaskan keamanan.

Sebenarnya semua orang punya kegemaran dan olahraga yang mereka suka masing-masing. Orang gemuk pun begitu, namun ada baiknya juga kita mulai dengan melakukan olahraga low-impact.

Contohnya, jika anda memiliki masalah lutut, kalian bisa memilih olahraga seperti bersepeda ataupun berenang demi meringankan beban lutut tersebut.

Jika sudah merasa cocok, jalanilah olahraga tersebut secara konsisten. Fokus dengan tujuan, niatkan olahraga untuk sehat bukan untuk berat badan berkurang. Dengan sendirinya mindset ini bisa menjadi suatu kebiasaan tersendiri.