Komunitas Sehat

5 Kiat Tetap Berolahraga Selama Bulan Puasa

Kamis, 2 Mei 2019 20:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:
3. Asupan Makanan

Saat Ramadhan, tubuh hanya menerima asupan makanan dua kali, yakni ketika sahur dan berbuka puas. Selain waktu makan yang berubah, porsi makan juga mengalami perubahan. Pastikan asupan makanan mencukupi kebutuhan gizi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Khususnya karbohidrat sebagai sumber energi tubuh, makanan ini bisa mengembalikan kadar glukosa darah yang menurun saat puas. Nah, untuk asupan satu ini, pastikan mengonsumsi karbohidrat tinggi saat berbuka, dan konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi saat sayur.

Trik ini bisa membantu mengurangi rasa cepat lapar selama puasa dan mempertahankan energi sampai olahraga di mulai.

Jangan lupakan pentingnya protein. Prottein diperlukan untuk memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.

4. Banyak Minum

Hindari dehidrasi saat berolahraga di bulan Ramadhan. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5 -2 liter per hari. Hindari juga aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi sebelum waktu berbuka.

5. Perhatikan Kualitas Tidur

Waktu tidur juga harus cukup selama bulan Ramadhan, agar tubuh tetap prima. Rata-rata tidur orang dewasa selama 7-9 jam per hati. Waktu tidur yang kurang bisa memengaruhi kinerja tubuh. Selain itu, waktu tidur yang kurang bisa membuat manfaa olahraga berkurang, karena tubuh justru semakin terasa lelah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%