Berkat Game eSports PUBG dan Fortnite, Tencent Raup Keuntungan Triliunan Rupiah

Jumat, 24 Mei 2019 15:21 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Dot Esports
Tencent Games selaku pengembang PUBG berhasil raup keuntungan hingga triliunan Rupiah Copyright: © Dot Esports
Tencent Games selaku pengembang PUBG berhasil raup keuntungan hingga triliunan Rupiah

INDOSPORT.COM - Perusahaan digital terbesar dari China, Tencent Games, berhasil meraup keuntungan hingga triliunan Rupiah pada kuartal pertama 2019 yang berakhir Maret lalu. Keuntungan ini didapatkan berkat keberhasilan gim eSports PUBG dan Fortnite.

Perusahaan yang juga mengembangkan Arena of Valor (AOV) ini berhasil mendapat keuntungan hingga Rp 184 Triliun. Keuntungan ini naik 16 persen dari pendapatan mereka pada kuartal pertama tahun 2018 lalu dimana mereka hanya menghasilkan Rp 158 Triliun.

Namun pendapatan ini didapatkan dari penjualan Season Pass yang ada pada PUBG dan Fortnite. Terkhusus Fortnie, Tencent hanya menjalin kerjasama dalam penjualanSeason Pass dengan pengembang gim tersebut, Epic Games. 

Selain itu, pendapatan mereka dari gim Mobile / Smartphone seperti AOV dan PUBG Mobile, Tencent mengalami penurunan pendapatan. Hal ini disebabkan perusahaan pimpinan Ma Huateng ini lebih fokus dalam pengembangan kualitas gim daripada meluncurkan gim-gim baru.

Tencent memang tengah diuntungkan sejak PUBG menuai sukses menjaring pemain dalam satu tahun ini. Atas dasar itu, Tencent berani mengambil tindakan untuk berinvestasi secara jor-joran di gim Battle Royale tersebut.

Bahkan, Tencent berani berinvestasi dengan mengadakan turnamen eSports Internasional PUBG pada tahun lalu di Dubai dan PUBG Mobile Open Club 2019 yang memiliki hadiah total 28 Miliar Rupiah.