Kondisi Terkini Pembangunan Istora Papua Bangkit

Kamis, 8 Agustus 2019 16:11 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© Sudjarwo/INDOSPORT
Istora Papua Bangkit yang tengah memasuki progres pembangunan 32 persen. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Istora Papua Bangkit yang tengah memasuki progres pembangunan 32 persen. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Istana olahraga (Istora) Papua Bangkit yang letaknya berdampingan dengan venue utama Stadion Papua Bangkit (Spaba) di Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura. Istora Papua Bangkit kini sudah memasuki progres pembangunan 32 persen sesuai target yang ditetapkan.

Istora menjadi salah satu venue yang disiapkan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI yang akan berlangsung di Papua pada 2020 mendatang.

“Pembangunan venue yang saat ini sedang berlangsung, khususnya yang dibiayai dengan APBN, secara keseluruhan menunjukkan perkembangan positif. Hasil koordinasi kami dengan pihak PUPR, rata-rata kemajuannya di atas 5 persen dari target yang ditentukan," ungkap Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadispora) Provinsi Papua, Alexander Kapisa dalam rilisnya, Kamis (8/8/19).

Kapisa sendiri mengaku optimistis pembangunan venue yang dibiayai dengan menggunakan APBN sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden No 10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 Di Provinsi Papua dapat diselesaikan tepat waktu. 

“Kami sangat senang dengan kemajuan yang telah dicapai dalam penyiapan venue PON oleh Pemerintah pusat, sementara venue-venue yang disiapkan melalui dana APBD juga sudah berproses. Secara keseluruhan kemajuan penyiapan venue-venue untuk PON akan kami sampaikan secara regular kepada teman-teman media untuk disampaikan ke masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Project Manager Venue Akuatik, Istora, Hoki dan Kriket, Anggoro Putro juga mengaku optimistis venue-venue yang tengah dibangun oleh pihaknya dapat terselesaikan tetap waktu.

"Pembangunan istora kami targetkan selesai pada akhir Juni 2020, sedangkan yang aquatic akhir Juli 2020," pungkasnya.