eSports

Makin Berkembang, Piala Presiden eSports 2020 Merambah Asia Tenggara

Minggu, 13 Oktober 2019 15:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Martin Gibsian/INDOSPORT
Piala Presiden eSports 2020. Copyright: © Martin Gibsian/INDOSPORT
Piala Presiden eSports 2020.

INDOSPORT.COM - Kick off kompetisi Piala Presiden eSports 2020 telah dilangsungkan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (13/10/19).

Adapun dua game yang dipertandingkan dalam turnamen eSports terbesar di Indonesia tersebut adalah Free Fire dan Pro Evolution Soccer (PES) 2020.

Selanjutnya, masih ada satu game lokal besutan perusahaan Tanah Air yang akan dipertandingkan dalam Piala Presiden eSports 2020.

Hingga kini, sudah ada lima game lokal yang lolos seleksi tahap pertama, dan akan dipilih salah satu oleh Dewan Kurasi Game Nasional untuk dipertandingkan.

Perkembangan Piala Presiden eSports diharapkan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya, dan kini mulai merambah wilayah Asia Tenggara.

Enam negara akan mengirimkan wakilnya di Piala Presiden eSports 2020, yakni Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

Sementara di Indonesia, pendaftaran peserta telah resmi dibuka sejak Minggu (13/10/19), dan babak kualifikasi akan dibagi menjadi dua wilayah, yakni Indonesia Timur dan Indonesia Barat.

Selain memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah, pemenang dari kualifikasi nasional akan mewakili Indonesia di level internasional.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Panitia Piala Presiden eSports 2020, Giring Ganesha.

"Tim yang mendaftar ini bukan karena masalah uang, tapi bagaimana mereka bisa mewakili Indonesia di kancah internasional," ujar Giring.