SEA Games 2019: Indonesia Targetkan 3 Emas dari Cabang eSports

Senin, 14 Oktober 2019 12:55 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak
© Twitter/@gsdewabroto
Sesmenpora Gatot Sulistiantoro Dewa Broto. Copyright: © Twitter/@gsdewabroto
Sesmenpora Gatot Sulistiantoro Dewa Broto.

INDOSPORT.COM - Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto mengatakan timnas eSports Indonesia diharapkan membawa pulang tiga medali emas dari SEA Games 2019 di Filipina.

Berbeda dengan Asian Games 2018, di mana eSports hanya dijadikan sebagai pertandingan ekspedisi, kali ini di SEA Games 2019, eSports akan masuk sebagai cabang prestasi.

Terdapat enam nomor yang akan dipertandingkan yakni Hearthstone, Tekken, Dota 2, StarCraft II, Mobile Legends: Bang Bang, dan Arena of Valor (AOV).

"Kami kemarin langsung bertemu dengan Panitia Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina tentang cabor yang akan dipertandingkan. Indonesia targetnya tiga medali emas dari eSports," ungkap Gatot.

Ia mengatakan Kemenpora akan mendukung dan mengalokasikan anggaran bagi timnas eSports yang akan bertanding. Bila berhasil mengantongi medali, maka atlet akan mendapatkan bonus yang sama seperti atlet di cabor lainnya.

Gatot S. Dewa Broto berharap dengan masuknya esports sebagai cabang prestasi di SEA Games 2019, akan membuka jalan agar esports bisa dipertandingkan dalam ajang internasional lainnya termasuk Asian Games 2022 dan Olimpiade 2032.

"Kita berharap tiga tahun lagi eSports bisa dipertandingkan di Hangzhou. Semoga juga Olimpiade 2032, eSport bukan jadi ekshibisi dan bisa dipertandingkan," ucapnya.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi kerasnya persaingan di SEA Games 2019, timnas eSport Indonesia bahkan telah memulai pelatnas sejak Agustus lalu di Surabaya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%