Asal-usul Tarung Derajat, Olahraga Beladiri yang Buat Serda IBG Meregang Nyawa

Rabu, 13 November 2019 02:43 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Juni Adi
© Fajar Kristanto/INDOSPORT
Ilustrasi olahraga beladiri tarung derajat. Copyright: © Fajar Kristanto/INDOSPORT
Ilustrasi olahraga beladiri tarung derajat.

INDOSPORT.COM - Prajurit Kompi B Yonif TS, Serda Iman Berkat Gea diketahui meninggal dunia saat melakukan latihan beladiri tarung derajat. Sebenarnya jenis beladiri apakah itu?

Tarung Derajat bisa disebut sebagai kickboxing khas Indonesia. Awalnya seni beladiri itu diperkenalkan oleh orang Indonesia bernama Ahmad Drajat atau biasa dipanggil AA Boxer.

Tarung Derajat kemudian mulai dipopulerkan di Bandung sejak tahun 1972. Seni beladiri ini bersifat praktek langsung pada kondisi di lapangan.

Latihan fisik olahraga beladiri ini sangat berat, mulai dari menahan pukulan sampai dengan memecahkan batako di kepala. Tarung Drajat juga sudah menjadi beladiri resmi POLRI dan menjadi olahraga wajib yang harus dilakukan kalangan militer.

Tak heran jika Serda IBG dan prajurit lain turut melakukan latihan Tarung Derajat. Sayangnya, nyawa Serda IBG justru harus melayang saat melakukan seni beladiri itu.

Serda IBG menerima tendangan di dada bagian kiri dari rekannya Pratu AR ketika melakukan sparing pada, Senin (04/11/19).

Tendangan yang mengarah di dada bagian kiri membuat Serda IBG terjatuh. Saat ini tim investigasi telah dibentuk untuk menyelidiki lebih lanjut penyebab kematian Serda IBG.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
25%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%