Disebut Bawa 'Tim Sirkus' ke SEA Games 2019, Ini Jawaban Berkelas Ketua NOC

Jumat, 13 Desember 2019 04:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Raja Sapta Oktohari, Ketua National Olympic Commitee (NOC) Indonesia memberikan pernyataan terkait hasil Indonesia di SEA Games 2019. Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Raja Sapta Oktohari, Ketua National Olympic Commitee (NOC) Indonesia memberikan pernyataan terkait hasil Indonesia di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Ketua National Olympic Commitee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari angkat bicara terkait cibiran ke kontingen Indonesia selama gelaran SEA Games 2019.

Ia mengatakan, sebutan tim sirkus untuk kontingen Indonesia mampu dipatahkan dengan torehan prestasi di ajang multi-event dua tahunan se-Asia Tenggara. 

Raja Sapta menyatakan, kontingen Indonesia mampu meraih 72 medali emas, melampaui target yang dibebankan, bahkan melewati catatan perolehan emas di SEA Games sebelumnya.

"Saya cuma ingat saat mau berangkat ke Manila itu ada yang bilang saya bawa tim sirkus. Tapi ternyata tim sirkus itu jungkir balik memberikan hasil yang terbaik buat bangsa ini," katanya.

"Kalau targetnya akhirnya 60-65 emas,  alhamdulillah jadi 72," lanjut Ketua National Olympic Comitee (NOC), Raja Sapta Oktohari.

Raja Sapta menjelaskan, sebelum meraih 72 medali emas, banyak tantangan yang dihadapi kontingen Indonesia di SEA Games 2019 di Filipina.

Ketidaksiapan panitia penyelenggara diawal kejuaraan menciptakan banyak masalah mulai dari transportasi, makanan hingga veneu pertandingan yang belum siap, sempat menggangu persiapan atlet.

"Kalau lihat situasi disana, saya dan kontingen sebetulnya mengalami banyak hal, dimana faktanya negara sahabat kita itu banyak tantangannya. Tapi tim CdM beserta jajaran dan semua stakeholder kompak, makanya atlet dan official kita terfasilitasi dengan baik, ada permasalahan tapi mungkin kecil dan itu bisa diantisipasi karena sudah diprediksi dari awal," urainya.

Pada SEA Games 2019, secara total kontingen Indonesia meraih 267 medali, dengan perincian 72 emas, 84 perak dan 111 perunggu. Hasil itu menempatkan Indonesia di peringkat ke empat, di bawah Filipina, Thailand dan Vietnam.