Tips Jitu Agar Tak Khilaf Makan Banyak setelah Olahraga

Selasa, 10 Maret 2020 17:22 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Healthifyme
Tak hanya membuat badan sehat, berolahraga bisa membuat kita meraih bentuk tubuh ideal. Namun terkadang setelah berolahraga justru kita merasakan lapar. Copyright: © Healthifyme
Tak hanya membuat badan sehat, berolahraga bisa membuat kita meraih bentuk tubuh ideal. Namun terkadang setelah berolahraga justru kita merasakan lapar.

INDOSPORT.COM – Tak hanya membuat badan sehat, berolahraga bisa membuat kita meraih bentuk tubuh ideal. Namun terkadang setelah berolahraga justru kita merasakan lapar yang luar biasa. 

Tidak ada yang salah jika setelah berolahraga ingin mengonsumsi makanan, namun harus mempertimbangkan dengan baik jenis makanan dan kapan waktu yang tepat. Dikutip dari Halodoc, ada 4 tips mencegah lapar setelah olahraga.

1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Tips pertama untuk mencegah lapar setelah berolahraga adalah minum air putih. Bahkan, tips ini bisa menghindarkan kita dari rasa lapar setelah berolahraga. Selain itu, minum 7 gelas air putih sehari dapat menurunkan 200 kalori dibandingkan hanya minum 1 gelas. 

2. Mengatur Jam Makan

Tips kedua, mengatur jam makan dengan baik. Waktu yang baik dan tepat untuk makan setelah melakukan olahraga adalah 30-60 menit setelahnya.

Jika tidak, Anda bisa melakukan pengaturan jam makan lainnya, seperti makan pagi dengan porsi cukup banyak, makan siang dengan porsi sedang, dan makan malam dengan porsi kecil.

3. Komposisi Makanan

Tips ketiga, mengatur komposisi makanan yang akan dimakan. Kandungan makanan yang akan dimakan harus diperhatikan. Apabila melakukan olahraga berat, kandungan karbohidrat harus lebih banyak dibanding protein.

4. Makanan sebelum Olahraga

Tips keempat, mengonsumsi makanan sebelum melakukan aktivitas olahraga. Jika melakukan olahraga di pagi hari alangkah baiknya mengonsumsi makanan terlebih dahulu, agar setelah berolahraga rasa lapar yang dirasakan tidak begitu besar.

Pisang menjadi salah satu alternatif makanan yang dimakan sebelum berolahraga. Alangkah baiknya lagi, waktu makan dilakukan 1 jam sebelum melakukan olahraga. 

Dengan melakukan tips olahraga yang benar, kita dapat mengatasi rasa lapar yang muncul setelah melakukan olahraga. Selain itu, nafsu makan dapat diredam secara tidak berlebihan dan olahraga yang dilakukan pun tidak menjadi sia-sia.

Penulis: Tesa Yohana

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%