Komunitas Sehat

5 Gerakan Olahraga yang Bisa Hilangkan Stretch Mark di Tubuh

Rabu, 4 Maret 2020 13:29 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Under Amour
Olahraga yang bisa dilakukan untuk menghilangkan selulit alias stretch mark. Copyright: © Under Amour
Olahraga yang bisa dilakukan untuk menghilangkan selulit alias stretch mark.

INDOSPORT.COM - Selulit adalah suatu kondisi yang memengaruhi penampilan kulit di bagian tubuh bawah dengan timbunan lemak yang membuat kulit tampak bergelombang dan tidak rata. Gumpalan lemak ini biasanya muncul di area paha, pinggul, dan bokong.

Secara alami, tubuh menyimpan lemak di ketiga area tersebut. Nah selain itu selulit juga dapat mengurangi rasa percaya diri dan merusak penampilan anda sehari hari.

Seperti dilansir dari Healthline, untuk membasmi gumpalan lemak ini, dibutuhkan olahraga yang melatih tubuh bagian bawah. Anda tak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup praktikkan gerakan olahraga ringan berikut secara rutin. Yuk ikutin lima gerakan dibawah ini yang bisa bantu anda mencegah atau menyamarkannya.

1. Step up reverse lunge

© Greatist
Tips agar olahraga lebih menyenangkan Copyright: GreatistTips agar olahraga lebih menyenangkan

Nah, yang pertama latihan satu ini membantu mengencangkan paha depan, glutes, dan paha belakang.

Berdirilah di lantai berhadapan dengan bangku. Langkahkan kaki kanan ke atas bangku kemudian angkat kaki kiri setinggi paha. Lalu turunkan kaki kiri ke bawah sambil dimundurkan ke belakang kembali ke posisi awal. Setelah kaki kiri menyentuh lantai, turunkan badan Anda ke bawah dengan posisi kaki ke arah belakang sambil menekuk. Ulangi sebanyak tiga set dengan masing-masing perulangan sebanyak 10 kali.

2. Lateral lunges

© Whole Life Challenge
Latihan bersama dengan teman agar olahraga menyenangkan Copyright: Whole Life ChallengeLatihan bersama dengan teman agar olahraga menyenangkan

Lateral lunges adalah latihan yang menargetkan paha bagian dalam dan luar agar lebih kencang.

Berdirilah dengan kaki membuka selebar bahu. Rapatkan kedua tangan di depan dada. Kemudian, miringkan tubuh ke arah kanan dengan posisi kaki kanan menekuk dan kaki kiri tetap lurus. Usahakan dada untuk tetap tegak dan bokong ditarik ke belakang. Kemudian kembali ke posisi awal dan miringkan tubuh ke arah sebaliknya dengan posisi yang sama secara bergantian. Lakukan sebanyak 10 sampai 12 kali di masing-masing sisi sebelum berpindah ke sisi lainnya.

3. Plie squat with alternate rise heels

© Cheatsheet
Gerakan Wall Squat untuk latihan kardio di ruangan sempit Copyright: CheatsheetGerakan Wall Squat untuk latihan kardio di ruangan sempit

Latihan ini akan membantu mengencangkan paha dan juga bokong Anda.

Berdirilah dengan membuka kaki lebih lebar dari bahu. Letakkan kedua tangan di masing-masing pinggang. Secara perlahan, turunkan badan dengan menekuk lutut hingga paha hampir menyentuh lantai. Dorong tubuh untuk kembali berdiri dan ulangi selama 15 kali. Setelah 15 kali, ulangi dengan langkah yang sama tetapi naikkan tumit kanan Anda saat menurunkan tubuh. Ulangi langkah yang sama. Bedanya, angkat tumit sebelah kiri saat tubuh sedang diturunkan secara perlahan.

4. Stability ball hamstring curl

Latihan yang satu ini membutuhkan bola yoga sebagai medianya. Dengan latihan ini, inti tubuh, glutes, hingga pinggul akan jauh lebih kencang. Setelah menyiapkan bola, Berbaringlah dengan menempatkan bola di bawah kaki sehingga posisi kepala lebih rendah.

Letakkan tangan di samping tubuh menempel ke lantai dengan kedua telapak tangan menghadap ke bawah. Usahakan agar posisi tubuh dan kaki tetap lurus. Tekan bola dengan kaki untuk menjaga keseimbangan. Gerakkan bola dengan menarik tumit ke arah bokong sebanyak tiga set dengan masing-masing 10 sampai 12 kali perulangan.

5. Squat with calf raise

Dan yang terakhir ada gerakan squat, latihan ini membantu mengencangkan otot tubuh bagian bawah, gerakan ini juga membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori dan juga lemak

Bukalah kaki selebar pinggul. Tekuk lutut dan pinggul turun hingga ke bawah sampai paha sejajar dengan lantai dengan posisi tangan direntangkan ke depan. Angkat kembali tubuh ke arah atas dan perlahan angkat tumit sehingga Anda berada dalam posisi jinjit. Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali.

Penulis: Andre Febriansyah.