Pasukan Sehat

10 Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah

Selasa, 17 Maret 2020 02:14 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Hello
10 olahraga yang bisa dilakukan di rumah Copyright: © Hello
10 olahraga yang bisa dilakukan di rumah

INDOSPORT.COM - Olahraga secara teratur memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski jadwal kegiatan super padat, ditambah akhir-akhir ini situasi di dunia semakin mencengkam adanya penyebaran virus Corona.

Hal itu tidak menjadikan alasan untuk tetap berolahraga. Di dalam rumah pun kita bisa melakukan aktivitas olahraga dengan santai bersama semua anggota keluarga.

Dikutip dari situs SUMMARECON, INDOSPORT merangkup 10 olahraga yang bisa dilakukan saat di rumah:

1. Jalan

Melakukan aktivitas jalan tidak harus di luar ruangan. Anda pun dapat berjalan-jalan ria di koridor atau di halaman rumah.

2. Jumping Jack

Olahraga lain yang bisa anda praktekkan di rumah yaitu jumping jack. Gerakan jumping jack merupakan gerakan yang mudah dan praktis. Gerakan ini merupakan latihan cardio yang bagus untuk pemanasan. Jika kalian tidak mengerti gerakan jumping jack, kalian bisa melihatnya di YouTube.

3. Push Up

Mungkin semua orang sudah mengetahui gerakan push up seperti apa. Meskipun begitu, gerakan push up ini memiliki berbagai varian yang sangat beragam. Push up merupakan salah satu olahraga yang bisa kalian lakukan di rumah tanpa bantuan alat.

4. Leg Lift

Gerakan Leg Lift ini berguna untuk memperkuat otot-otot kaki. Kalian juga bisa mengkombinasikan gerakan leg lift ini dengan gerakan lain, seperti push up atau sit up.

5. Sit Up

Gerakan sit up bermanfaat untuk memperkuat otot-otot perut. Cara yang sangat efektif untuk mengencangkan otot-otot perut kalian yang masih kendor. Olahraga ini salah satu yang sangat dianjurkan.

6. Jogging

Jika kalian beranggapan bahwa jogging hanya dilakukan di jalanan atau di taman kalian salah besar. Jogging bisa dilakukan di dalam rumah sambil menikmati musik dan menonton televisi.

7. Squat

Gerakan squat berguna untuk memperkuat kaki dan punggung. Kalian bisa mempratekkan gerakan ini dengan berdiri dan duduk di atas kursi. Lakukan gerakan squat secara berulang-ulang.

8. Angkat Beban

Olahraga angkat beban tidak harus dilakukan di dym menggunakan dubble atau barble. Anda bisa menggantikannya dengan peralatan yang ada di rumah, seperti timbah yang berisi air atau sisa botol yang tidak terpakai.

9. Menari

Jika kalian mencari hiburan sekaligus berolahraga, solusinya adalah menari. Selain dapat membangkitkan suasana hati, menari juga berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

10. Naik Turun Tangga

Olahraga lain yang bisa kalian coba saat berada di dalam rumah adalah naik turun tangga. Meskipun gerakannya sangat sederhana, manfaat olahraga ini sangatlah luar biasa. Jika gerakan ini kalian lakukan secara maksimal, naik turun tangga bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang kaki.

Penjelasan di atas merupakan rangkuman 10 olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Meskipun ditempa kesibukan yang padat dan situasi dunia saat ini sedang tidak aman, kalian masih bisa melakukan kegiatan olahraga dan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
17%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
67%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
17%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%