Cabor Olahraga di Jawa Tengah Usulkan PON XX Papua Ditunda

Rabu, 22 April 2020 18:47 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Arum Kusuma Dewi
© APTI Jateng
Atlet bola tangan Jateng tengah melakukan latihan fisik. Copyright: © APTI Jateng
Atlet bola tangan Jateng tengah melakukan latihan fisik.

INDOSPORT.COM – Salah satu cabang olahraga yakni Bola Tangan asal Provinsi Jawa Tengah mengusulkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua untuk ditunda karena adanya wabah Covid-19 yang tengah melanda Indonesia.

Menurut pengurus provinsi (pengprov) Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Jateng, kesehatan para atlet di saat seperti ini jauh lebih penting daripada pagelaran kompetisi.

“Jika melihat perkembangan saat ini, lebih baik PON XX diundur saja dengan melihat perkembangan Covid-19. Dari komunikasi dengan provinsi lain, mereka juga memberhentikan sentralisasi,” tutur ketua umum ABTI Jateng, Jaka Pranowo Adi, Selasa (21/04/20).

“Semua tergantung pemerintah, jika tidak ditunda pun kami juga siap mempersiapkan pemain,” imbuhnya.

Jaka juga berpendapat apabila PON XX ditunda, maka Papua sebagai tuan rumah juga diuntungkan karena bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi.

Sebelumnya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jateng telah meminta kepastian soal penyelenggaraan PON kepada pihak pemerintah.

KONI berpendapat apabila kepastian PON tidak segera kunjung dipastikan, persiapan atlet akan menjadi terganggu. Apalagi di tengah wabah Covid-19, banyak pemusatan latihan cabang olahraga yang ditunda.

Pemerintah sendiri melalui Menteri Pemuda dan Olahraga belum menentukan kepastian soal PON. Beberapa waktu lalu anggota Komisi X DPR RI juga sempat mengusulkan bahwa lebih baik even olahraga empat tahunan di Indonesia ini ditunda saja.

Namun keputusan penundaan PON berada di tangan Presiden Joko Widodo yang bisa diputuskan melalui sebuah rapat kabinet.