Pandemi Corona Tak Kunjung Berakhir, Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Dibatalkan

Selasa, 28 April 2020 22:02 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo Olimpiade tokyo 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo Olimpiade tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Olimpiade Tokyo 2020 yang sudah diputuskan untuk ditunda menjadi tahun depan terancam batal jika pandemi virus corona belum juga terkendali hingga 2021.

Skenario pembatalan Olimpiade Tokyo 2020 dikonfirmasi oleh presiden panitia penyelenggara yang dipublikasikan pada hari ini, Selasa (28/04/20).

Pandemi virus corona membuat pihak penyelenggara menggeser waktu penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 menjadi 23 Juli 2021.

Namun, presiden Tokyo 2020 Yoshiro Mori mengatakan tidak mungkin ada penundaan lagi. Dalam satu wawancara dengan harian olahraga Jepang Nikkan, Mori dengan tegas mengatakan tidak ada kemungkinan penundaan hingga 2022.

"Tidak, dalam hal itu, dibatalkan. (Jika virus berhasil diatasi) kami akan menggelar Olimpiade dalam damai musim panas mendatang," ujar Yoshiro Mori dilansir dari Antara.

Penundaan Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi kesempatan untuk menampilkan kemenangan dunia atas virus corona. Namun, pertanyaan muncul, mengenai apakah penundaan satu tahun sudah cukup.

Kepala Asosiasi Medis Jepang mengingatkan akan sangat sulit untuk menyelenggarakan Olimpiade tahun depan jika vaksin belum ditemukan.

"Saya bukan mau mengatakan mereka seharusnya tidak menyelenggarakan, tapi akan sangat sulit," ujar Yoshitake Yokokura.

Pekan lalu seorang ahli medis Jepang mengingatkan bahwa ia sangat pesimistis bahwa Olimpiade bisa digelar pada 2021.