Olimpiade 2020 Ditunda, Lee Chong Wei Desak Lin Dan Pensiun

Selasa, 28 April 2020 16:10 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Olimpiade Tokyo 2020 ditunda, legenda Malaysia, Lee Chong Wei meminta rekan sekaligus eks rivalnya, Lin Dan untuk segera mengumumkan pensiun. Copyright: © MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Olimpiade Tokyo 2020 ditunda, legenda Malaysia, Lee Chong Wei meminta rekan sekaligus eks rivalnya, Lin Dan untuk segera mengumumkan pensiun.

INDOSPORT.COM - Olimpiade Tokyo 2020 ditunda, legenda Malaysia, Lee Chong Wei meminta rekan sekaligus eks rivalnya, Lin Dan untuk segera mengumumkan pensiun.

Olimpiade Tokyo 2020 yang semula diselenggarakan pada Juli-Agustus mendatang terpaksa dimundurkan ke pertengahan tahun 2021 karena virus Corona.

Dengan ditundanya Olimpiade Tokyo 2020 tersebut, Lee Chong Wei mendesak Lin Dan untuk lebih bijaksana lagi terhadap ambisinya untuk tampil di Olimpiade ke-5nya.

Sebab, tanpa perlu tampil di Olimpiade Tokyo 2020, Lin Dan sudah menjadi pebulutangkis terhebat dunia. Bagi Lee Chong Wei, eks rivalnya tersebut sudah tidak perlu membuktikan apapun lagi.

"Saya pikir jika saya adalah dia dan hasil saya akan melawan saya, saya akan memilih untuk mundur dari Olimpiade," katanya.

"Dia sudah menjadi atlet hebat. Dia telah memenangkan semua pertandingan yang ditawarkan, termasuk Olimpiade dan Kejuaraan Dunia," kata Lee dalam sesi konferensi video dengan media China dikutip dari media Stadium Astro.

"Untuk berkompetisi di Olimpiade kelimanya bukanlah prestasi biasa. Dia harus menghadapi pemain [yang] 10 tahun lebih muda, beberapa bahkan 15 tahun," lanjutnya.

"Bagi seorang atlet seusianya yang masih mengejar ambisi itu adalah teladan," pungkasnya.

Jika Lin Dan berhasil lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, maka ia akan berusia 37 tahun. Namun melihat bagaimana persaingannya dengan wakil China lain yang masih muda, rasanya sulit bagi Super Dan untuk bisa mewujudkan mimpinya.