Pandemi Corona, Menpora Ambil Langkah Tegas Terkait Kegiatan Olahraga

Sabtu, 9 Mei 2020 20:21 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Yohanes Ishak
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali.

INDOSPORT.COM - Menpora, Zainudin Amali telah mengambil keputusan menghentikan seluruh kegiatan olahraga Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Keputusan ini pun diambil setelah Menpora melakukan pertemuan dengan seluruh pengurus Cabor di Indonesia. Nantinya ia akan menunggu arahan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 terkait kelanjutan kompetisi.

"Itu yang untuk sepak bola dan itu outdoor kemudian ada kompetisi yang dilakukan di dalam ruangan atau indoor yakni untuk bola basket kompetisi IBL dan untuk bola voli ada Proliga," imbuh Zainudin Amali.

"Kita sepakat semua kegiatan ini karena menghadirkan orang yang banyak, ribuan orang bahkan sampai puluhan ribu yang menjadi supporter dan penonton maka kita sepakat untuk kita hentikan untuk sementara."

"Dan kapan akan dimulai kembali kompetisi profesional ini? Kita menunggu pengumuman dari gugus tugas. Kalau gugus tugas sampaikan sudah dibuka, sudah dimulai, atau tahapan-tahapannya seperti apa, pasti itu akan kita patuhi," tambah ia.

Namun meski seluruh kegiatan olahraga dihentikan sementara, Menpora Zainudin Amali tetap mengimbau seluruh atlet tetap menjaga kondisi fisik selama berada di rumah. Dimana hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan atlet.

"Tetapi kepada para atlit dan pelatih tetap kita anjurkan untuk berlatih secara mandiri walaupun tidak akan optimal karena kita tahu bahwa untuk prestasi itu butuh kerjasama tim dan lain sebagainya tetapi kami berpandangan bahwa kami lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan atlet dan pelatih dibanding yang lain-lain," tukas ia.