KONI Sumut Apresiasi Pengurus KONI Daerah di Tengah Pandemi Corona

Rabu, 17 Juni 2020 18:21 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Foto : Humas KONI Sumut
Pandemi virus corona tidak mengurangi semangat KONI Kabupaten-Kota se-Sumatera Utara (Sumut) dalam menggerakkan roda organisasi olahraga. Copyright: © Foto : Humas KONI Sumut
Pandemi virus corona tidak mengurangi semangat KONI Kabupaten-Kota se-Sumatera Utara (Sumut) dalam menggerakkan roda organisasi olahraga.

INDOSPORT.COM - Pandemi virus corona tidak mengurangi semangat KONI Kabupaten-Kota se-Sumatera Utara (Sumut) dalam menggerakkan roda organisasi olahraga maupun program pembinaan terhadap atlet.

Tingginya semangat KONI Kota Kabupaten tersebut terangkum dalam rapat virtual dengan Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis, Selasa (16/6/20) petang.

Mayoritas pimpinan KONI Kabupaten-Kota saat rapat menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 memang memberi pukulan sangat hebat hampir di semua sektor termasuk olahraga.

Diakui beberapa program memang harus tertunda. Seperti KONI Medan harus menunda Porwil (Pekan Olahraga Wilayah) yang saat itu sesungguhnya sudah di depan mata.

Demikian juga dengan KONI Batubara. Bahkan enam KONI Kabupaten-Kota lainnya juga terpaksa menunda Musyawarah dan meminta surat perpanjangan dari KONI Sumut.

Namun seperti disampaikan Ketua KONI Medan Eddy Sibarani, pandemi virus corona tidak membuat aktifitas organisasi terhenti total. Pihaknya, kata Eddy, tetap memberlakukan latihan program mandiri terhadap atlet-atlet binaan dipantau para pelatih secara virtual.

Bahkan di tengah kondisi menuju new normal seperti sekarang ini, KONI Medan juga telah melakukan koordinasi virtual dengan seluruh cabor-cabor.

Intinya semua siap melanjutkan program-program yang tertunda termasuk pelaksanaan Porwil, sesuai protokol kesehatan olahraga yang telah disusun Kemenpora.

"Khusus pelaksanaan Porwil, kami akan melakukan pembahasan lebih khusus dengan Dispora Medan serta pihak-pihak terkait lainnya," jelas Eddy, dalam rapat virtual tersebut.

Ketua Umum KONI Sumut, John Lubis didampingi pengurus lainnya mengapresiasi semangat para Ketua KONI Kabupaten-Kota. John mengingatkan agar semua kegiatan yang dilaksanakan tetap mengacu kepada protokol kesehatan olahraga.

John juga berharap, pelaksanaan Porwil Kota Medan yang direncanakan bisa bergulir akhir Juni atau awal Juli mendatang, bisa menjadi percontohan bagi kabupaten-kota lain yang ingin menggelar kegiatan multi event.

"KONI Sumut siap mendukung upaya KONI Medan dan lainnya untuk menjadikan olahraga di Sumut kembali berdenyut, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan olahraga," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut John juga menyebutkan pihaknya telah sepakat akan menggelar Musprov KONI Sumut Januari atau Februari 2021. Meski KONI Pusat memberi perpanjangan kepengurusan hingga akhir 2021 terkait virus corona, namun KONI Sumut tetap akan menggelar Musprov awal 2021.