Demi PON 2024, Edy Rahmayadi Ajak Stakeholder Olahraga Bangkitkan Prestasi Sumut

Senin, 14 Desember 2020 18:46 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Herry Ibrahim
© Humas Pemprov Sumut
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, saat memimpin rapat koordinasi terkait kelanjutan pembangunan Sport Center Sumut. Copyright: © Humas Pemprov Sumut
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, saat memimpin rapat koordinasi terkait kelanjutan pembangunan Sport Center Sumut.

INDOSPORT.COM - Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh stakeholder olahraga di Sumut dan para pemangku kepentingan di kabupaten/kota untuk bisa membangkitkan kembali prestasi di bidang olahraga.

Terutama saat Sumut bersama Aceh menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, yang sekaligus menjadi ajang pembuktian bagi Sumut agar kembali diakui sebagai gudangnya atlet nasional.

Maka dari itu, Edy mengajak seluruh pengurus cabang olahraga dan KONI kabupaten/kota se-Sumut untuk sama-sama berjuang membina atlet yang akan dipersiapkan pada PON 2024.

Satu langkah yang harus dilakukan adalah menggembleng atlet yang masih memasuki usia maksimal sebagai wakil Sumut pada 2024 nanti.

“Usia maksimal antara 17 hingga 19 tahun. Jadi harus dilakukan seleksi di sekolah. KONI dan Pengprov Cabor harus langsung jemput bola untuk cari atlet," kata Edy dalam sebuah workshop yang digelar KONI Sumut di Medan, Senin (14/12/20).

"Saya mau setiap 6 bulan sekali laporkan kepada saya apa perkembangannya. Tidak boleh main-main. Ajang di Papua (PON 2021) sebagai pembelajaran kita untuk persiapkan di PON 2024,” ujar Edy lagi.

Demi mewujudkan prestasi maksimal bagi Sumut di PON 2024, Edy berharap semua cabor yang dipertandingkan di Sumut bisa didominasi tuan rumah dalam perolehan medali.

"Saya mau 2024 semua cabor yang dipertandingkan di Sumut harus kita ambil (medalinya). Tidak bisa menyiapkan ini satu tahun saja. Kita ingin mengembalikan marwah Sumut bermartabat,” ujar Edy.

Menunjang impian tersebut, lanjut Edy, Pemerintah Sumut terus menggeber pembangunan sport center Sumut di Desa Sena, Deli Serdang, yang tak lain merupakan sarana PON 2024 nanti.

“Januari (2021) harus sudah kerja, 2023 (diharapkan) selesai. 2024 awal sudah finishing. Karena pada 2020 kita sudah lakukan ground breaking. Makanya, saya mengajak seluruh pemerintah daerah, termasuk pada masyarakat untuk saling membantu dan jangan menyulitkan pengerjaan kawasan sport center,” kata mantan Ketua Umum PSSI ini.