Demi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Kemenpora Lanjutkan Uji Publik Program Olahraga

Jumat, 18 Desember 2020 19:53 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Herry Ibrahim
© Alvin Syaptia/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali ketika memberi sambutan dalam rangka acara uji publik grand desain keolahragaan nasional. Copyright: © Alvin Syaptia/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali ketika memberi sambutan dalam rangka acara uji publik grand desain keolahragaan nasional.

INDOSPORT.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia kembali melanjutkan acara uji publik grand design keolahragaan nasional di Semarang setelah beberapa waktu lalu di Kota Medan. 

Grand design olahraga nasional sendiri dirancang Kemenpora mencakup gagasan yang bisa meningkatkan prestasi olahraga, pengembangan infrastruktur olahraga, sport tourism, sport industry, sport science, dan aspek penting lainnya.

Kali ini acara uji publik digelar di salah satu hotel yang berada di Bilangan Gadjah Mada, Kota Semarang, Jumat (18/12/20). 

Pada kesempatan tersebut, Menpora Zainudin Amali datang bersama jajaran Kemenpora seperti Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto dan beberapa deputi anggota Komisi X DPR RI seperti Agustina Wilujeng, Yoyok Sukawi, dan Mujib Rohmat. 

Sementara tokoh dari Semarang yang hadir ada Plh Sekda Jawa Tengah Prasetyo Aribowo yang mewakili Gubernur Ganjar Pranowo dan Rektor Unnes Fathur Rokhman. 

Menurut Zainudin, grand design Olahraga diperlukan untuk merancang program jangka panjang sistem keolahragaan nasional yang ujungnya dipersiapkan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 dan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup masyarakat di Tanah Air. 

"Target uji publik selesai akhir 2020 kemudian finalisasi. Ini perintah Bapak Presiden, Komisi X DPR. Setelah selesai semua, saya akan lapor ke Komisi X," beber Zainudin saat memberi sambutan. 

"Setelah ini ada roadmap, di depan ada Olimpiade 2032 dan di tahun 2045 menjadi 15 besar dunia. Kemudian tingkat kebugaran masyarakat meningkat," lanjut Menteri Asal Gorontalo ini. 

Zainudin lantas bercerita bahwa Presiden Joko Widodo meminta menggelar uji publik desain keolahragaan nasional dengan beberapa tokoh seperti akademisi, pengurus organisasi olahraga hingga atlet supaya hasilnya merupakan produk bersama dan sudah mendapat masukan dari beberapa pihak. 

"Bapak Presiden juga meminta semua pihak terlibat, semua stakeholder olahraga terlibat. Kalau desain besar ini jadi, makanan menjadi produk kita semua. Hasil karya seluruh masyarakat Indonesia," tegas Zainudin. 

Sementara itu, anggota Komisi X A.S Sukawijaya (Yoyok Sukawi) mengamini pernyataan Zainudin Amali terkait uji publik desaign olahraga. 

Yoyok Sukawi berpedapat grand design olahraga nasional memang dibutuhkan untuk kemajuan olahraga dari banyak sisi. 

"Betul yang dikatakan Pak Menteri, uji publik desain olahraga cukup penting bagi kemajuan olahraga di Indonesia," tegas Yoyok Sukawi. 

"Kalau sudah ada programnya, jalannya kan enak. Program keolahragaan Indonesia akan tertata rapi dan nantinya akan menghasilkan prestasi yang mengharumkan nama Indonesia," imbuhnya.