Jelang PON 2021, Staf Khusus Jokowi: PON Harus Bermanfaat untuk Papua

Selasa, 16 Maret 2021 17:23 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© Rilis Resmi
Setelah sempat ditunda, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI akan segera digelar. Copyright: © Rilis Resmi
Setelah sempat ditunda, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI akan segera digelar.

INDOSPORT.COM - Setelah sempat ditunda, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI akan segera digelar.

Tahun ini perhelatan olahraga terbesar di Indonesia tersebut akan segera digelar kembali. Rencananya PON 2021 akan dilangsungkan di Papua pada tanggal 2-15 Oktober.

Billy Mambrasar staf khusus Presiden Jokowi menyatakan, sebagai orang asli Papua ikut berbangga dan turut antusias mengenai akan diadakan nya PON 2021 di tanah kelahirannya itu. 

Hal tersebut diungkapkannya setelah Rapat Terbatas (Ratas) terkait PON 2021 yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi, Selasa (16/3/21) hari ini.

“Komitmen Pak Jokowi untuk terus melanjutkan perhelatan ini, sangat besar. Jokowi ingin agar acara ini dapat mendorong percepatan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat dan tentunya ini merupakan berita baik yang kita, masyarakat Papua harus sambut,” ujar Billy Mambrasar.

Sebelum Ratas hari ini, Billy memberikan 4 usulan untuk memaksimalkan manfaaat dari PON untuk Papua, khususnya untuk masyarakat asli Papua.

“Usulan pertama yaitu menggunakan atlet senior maupun junior sebagai duta atlet untuk mempromosikan PON 2021 melalui media elektronik maupun cetak secara masif. Duta atlet Papua yang terpilih tentu saja adalah atlet berbakat dan telah diseleksi yang nantinya akan dimasukkan kedalam basis data yang telah terintegrasi.”

Menurut Billy, banyak sekali atlet senior yang telah membanggakan Indonesia di kancah nasional maupun internasional. Melalui PON 2021 ini, atlet senior secara simbolik akan meneruskan semangatnya kepada atlet junior agar kejayaan prestasi mereka dapat diteruskan.

“Usulan kedua yaitu melibatkan wirausaha muda Papua yang memiliki produk atau jasa yang relevan dengan perayaan PON 2021. Mereka akan didorong untuk menjadi penyuplai, sehingga bisnis berkembang dan secara umum akan menyerap tenaga kerja baru.”

Billy melanjutkan dalam penjelasannya, dengan melibatkan wirausahawan muda ini maka akan terjadi perputaran dan efek berganda dari acara PON 2021.

Dampak ekonomi dari kegiatan jual beli barang dan jasa yang mereka punyai akan merangsang bisnis mereka untuk dapat bertumbuh lebih besar lagi.

“Usulan ketiga yaitu mengiklankan komoditas lokal untuk dikenang dari PON 2021, seperti kopi, coklat dan tempat wisata.”

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%