Kirab Obor Olimpiade Tokyo Diwarnai Kasus Pertama Positif Covid-19

Jumat, 23 April 2021 14:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Japan Times
Obor Olimpiade Tokyo 2010 dibuat dari puing-puing alumunium bencana tsunami dan nuklir Fukushima Copyright: © Japan Times
Obor Olimpiade Tokyo 2010 dibuat dari puing-puing alumunium bencana tsunami dan nuklir Fukushima

INDOSPORT.COM – Persiapan pesta olahraga Olimpiade Tokyo harus diwarnai dengan munculnya kasus pertama positif virus  corona.

Laporan media lokal Kyodo, yang dilansir dari AA, Kamis (22/04/21), munculnya kasus pertama ini terjadi selama penyelenggaraan kirab obor Olimpiade nasional.

Pasien virus corona ini diketahui seorang petugas polisi yang terlibat dalam tugas pengendalian lalu lintas di pregektur Kagawa Barat pada hari Sabtu pekan lalu.

Petugas yang berusia 30 tahun itu diketahui telah menjalani tes Covid-19 pada hari Minggu setelah merasakan tidak enak badan. Untungnya, petugas tersebut tidak sempat melakukan kontak dekat dengan orang-orang.

Kirab obor menjadi salah satu rangkaian persiapan Jepang sebagai tuan rumah Olimpiade yang tertunda setahun belakangan. Pesta olahraga empat tahunan ini akan dimulai pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Bahkan kirab obor Olimpiade ini bahkan sudah diturunkan skalanya, yang dimulai pada 25 Maret di prefektur Fukushima.

Dengan meningkatkan angka kasus virus corona di dunia, pihak penyelenggara sudah memutuskan tidak menghadirkan satu pun penonton internasional.

Situasi pandemi yang belum mereda ini memaksa pemerintah Jepang untuk memutuskan keadaan darurat untuk Tokyo dan beberapa prefektur barat yang akan dimulai akhir bulan ini dan berlangsung sekitar dua atau tiga pekan.