Hadir di Olimpiade 2020, Ibu Negara Pimpin Delegasi Amerika Serikat

Jumat, 16 Juli 2021 11:24 WIB
Editor: Isman Fadil
© Aaron Chown/WPA Pool/Getty Images
Istri Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Jill Biden. Copyright: © Aaron Chown/WPA Pool/Getty Images
Istri Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Jill Biden.

INDOSPORT.COM - Jill Biden akan kembali memimpin delegasi Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo 2020 yang akan dilaksanakan pada 23 Juli tanpa kehadiran suaminya, Presiden AS, Joe Biden.

Sebelumnya, Jill Biden pernah menemani suaminya memimpin delegasi untuk Olimpiade Musim Dingin 2010 di Vancouver, Kanada. Joe Biden saat itu masih menjabat sebagai Wakil Presiden AS bersama Barack Obama.

Walaupun Presiden AS yang menjabat sejak 2020 lalu ini tak dapat mengahadiri Olimpiade 2020 Tokyo, dia  masih turut mendukung para atlet AS untuk berkompetisi di ajang ini.

Hajatan empat tahunan ini dipastikan tanpa kehadiran penonton karena pandemi Covid-19. Dikutip dari NBC News, Perwakilan Gedung Putih, Jen Psaki mengatakan bahwa Joe Biden tidak akan menghadiri Olimpiade ini, namun akan mengirim delegasi seperti biasanya.

Presiden ke-4, George W. Bush menjadi kepala negara Amerika Serikat pertama yang menghadiri Olimpiade, tepatnya pada edisi Beijing 2008. Setelah itu, belum ada lagi presiden Negeri Paman Sam yang melakukannya.

Suksesor Bush, Barack Obama, tidak menghadiri Olimpiade di Vancouver (musim dingin 2010), di London (musim panas 2012), di Rusia (musim dingin 2014), di Rio de Janeiro (musim panas 2016).

Ketika Barrack Obama tidak menghadiri Olimpiade, dia mengirim delegasi antara lain Ibu negara sekaligus istrinya, Michelle, ke London 2012, lalu Jill Biden di Vancouver 2010.

Sementara itu presiden AS berikutnya, Donald Trump menugaskan wakil presiden Mike Pence bersama istrinya Karen, untuk memimpin delegasi di olimpiade musim dingin 2018 yang berlangsung PyeongChang, Korea Selatan.

Kemudian, Ivanka Trump putri presiden, memimpin delegasi AS dalam upacara penutupan Olimpiade musim dingin 2018.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%