Jatuh Cinta dengan Bali, Petinggi Olahraga Dunia Dukung Indonesia Tuan Rumah Olimpiade

Selasa, 27 Juli 2021 10:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yosef Bayu Anangga
© NOC Indonesia
Jatuh cinta dengan Bali, Presiden Asosiasi Selancar Internasional (ISA), Fernando Aguerre pun mendukung Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade. Copyright: © NOC Indonesia
Jatuh cinta dengan Bali, Presiden Asosiasi Selancar Internasional (ISA), Fernando Aguerre pun mendukung Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade.

INDOSPORT.COM - Jatuh cinta dengan Bali, Presiden Asosiasi Selancar Internasional (ISA), Fernando Aguerre pun mendukung Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade.

Sebagaimana diketahui, Indonesia memang gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Status tuan rumah Olimpiade 2032 kini resmi diberikan kepada Brisbane, Queensland. Hal ini ditetapkan lewat voting oleh IOC Member pada IOC Session di Jepang, Rabu (21/07).

Namun, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari tak pantang menyerah. Ia sedang berada di Jeoang dan tengah membawa misi khusus.

Okto, sapaan karib Raja Sapta Oktohari, tak sekadar mendampingi atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo. Ia juga melakukan diplomasi untuk memperluas jaringan demi menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade.

Okto tak hanya memperkuat hubungan dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC), Dewan Olimpiade Asia (OCA), serta Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) semata. Ia juga melakukan pendekatan kepada federasi olahraga internasional (IF).

"Sebagai Ketua KOI, saya akan maksimalkan waktu selama di Tokyo ini untuk menjalin jaringan di luar negeri. Sebab, presiden federasi internasional, IOC, OCA, ANOC, termasuk semua presiden NOC di seluruh dunia juga hadir," kata Okto, Senin (25/07).

Hasilnya, Presiden Asosiasi Selancar Internasional (ISA), Fernando Aguerre memperkenankan Indonesia sebagai tuan rumah event internasional, yang sekaligus babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

"Saya sudah bertemu dengan langsung Presiden ISA, Fernando Aguerre di lokasi pertandingan, dan beliau menyatakan siap memberikan satu kesempatan untuk Indoensia menjadi tempat kualifikasi Olimpiade 2024 Paris," ungkap Okto.

Yang lebih menggembirakan lagi, petinggi ISA yang hadir itu mengaku sangat familiar dengan Indonesia. Bahkan, Aguerre juga menggunakan cincin barong (khas Bali).

"Fernando menunjukkan cincin barong yang digunakannya sebagai bukti bahwa dia cinta sama Indonesia," jelas Okto antusias.

Atas kepercayaan ini, NOC Indonesia akan berkomunikasi dengan Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) untuk persiapan menjadi tuan rumah.

"Kita akan berkomunikasi dengan PB PSOI sebagai pemegang hak untuk mengadakan event kualifikasi Olimpiade Paris. Apalagi, selancar dipastikan menjadi cabor resmi hingga Olimpiade 2032."

"Harapannya tentu kita bukan hanya sebagai tuan rumah, tetapi bisa meloloskan atlet lebih banyak ke Olimpiade Paris," jelas Okto.