Venue Panjat Tebing PON XX di Mimika Bertaraf Internasional

Jumat, 13 Agustus 2021 20:39 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Venue Panjat Tebing PON XX di Klaster. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Venue Panjat Tebing PON XX di Klaster.

INDOSPORT.COM - Dari 9 venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berada di klaster Kabupaten Mimika, venue cabang olahraga panjat tebing menjadi salah satu yang mengagumkan. Venue ini diklaim sebagai yang terbaik di Indonesia, bahkan disebut sudah bertaraf internasional.

Venue panjat tebing bisa dibilang merupakan salah satu yang terbaik yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Mimika. Bahkan menjadi venue panjat tebing permanen pertama di Indonesia.

Pengerjaannya ditangani oleh kontraktor pelaksana PT HK Utama dari Makassar. Perusahaan ini sudah memiliki jam terbang di Indonesia Timur dengan membangun sejumlah infrastruktur olahraga.

Taufik, manajer proyek PT HK Utama mengatakan meski pengerjaan venue tersebut sempat terkendala pandemik, namun prosesnya tetap bisa berlanjut hingga 100 persen rampung pada tahun ini.

"Untuk keseluruhan pengerjaannya kita sempat terhenti karena pandemik selama 3 bulan setengah. Kita mulai kerja itu akhir Agustus 2020," kata Taufik kepada awak media olahraga INDOSPORT, Jumat (13/08/21).

Tak hanya diklaim sebagai yang terbaik di Indonesia, venue panjat tebing di Mimika ini juga disebut sudah berstandar internasional. Material yang digunakan berkelas dunia dan digunakan pada iven Olimpiade Tokyo. Pembangunan venue ini menelan anggaran berkisar Rp26 miliar bersumber dari APBD Kabupaten Mimika.

"Spesifikasinya sudah standar internasional, terlihat dari bahan material yang dipakai sudah sama dengan material yang dipakai untuk Olimpiade Jepang nanti," ujarnya.