MSC, Venue Megah PON XX Hadiah dari PT Freeport

Sabtu, 14 Agustus 2021 20:40 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Venue bola basket di kawasan Mimika Sport Complex (MSC) untuk PON XX. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Venue bola basket di kawasan Mimika Sport Complex (MSC) untuk PON XX.

INDOSPORT.COM - Kesiapan klaster Mimika untuk menggelar 12 cabang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX sudah sangat signifikan. Mimika memiliki 9 venue yang sudah siap untuk digunakan. Salah satunya adalah kawasan Mimika Sport Complex (MSC).

MSC merupakan kawasan olahraga yang dibangun oleh perusahaan tambang dunia, PT Freeport Indonesia, untuk mendukung pelaksanaan PON XX di Bumi Papua, khususnya di klaster Mimika.

Secara fisik, kawasan MSC yang memiliki dua venue pertandingan yakni bola basket dan atletik itu sudah rampung 100 persen. Venue ini mulai dibangun sejak 2013 di atas lahan seluas 12,5 hektare milik Pemerintah Daerah Mimika.

External Affairs Manager MSC, Malik Aditya Lukito mengatakan kawasan MSC dibangun dengan menggunakan anggaran PT Freeport senilai 33 juta dollar Amerika Serikat atau kurang lebih setara dengan Rp490 miliar.

"MSC ini dibangun dengan dana kurang lebih 33 juta dollar atau setara dengan kurang lebih Rp490 miliar. Setahu saya awal pembangunannya ini dari tahun 2013 untuk ground breakingnya dan mulai start tahun 2014 dan selesai dibangun itu tahun 2016," kata Lukito kepada awak media olahraga INDOSPORT, Sabtu (14/8/21).

Saat ini, MSC sedang dalam masa pemeliharaan dan juga ada penambahan lintasan pemanasan untuk cabang olahraga atletik.

"Jadi mulai 2016 sampai dengan sekarang itu maintenance masih ditangani oleh PT FI. Sambil menunggu persiapan Pemda untuk diserahterimakan. Kalau untuk penambahan, sesuai dengan yang direkomendasikan oleh Technical Delegate," jelasnya.