Resmi Diluncurkan, Soundtrack PON Papua Sematkan Semangat Dalam Keberagaman

Minggu, 12 September 2021 17:42 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo PON XX 2021 Papua Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo PON XX 2021 Papua

INDOSPORT.COM – Lagu berjudul “Torang Bisa “ secara resmi diluncurkan sebagai soundtrack pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Melansir situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga, lagu dan video resmi “Torang Bisa” diluncurkan oleh Panitia Besar PON XX Papua pada saat jumpa pers di Jakarta, Sabtu (11/09/21).

Ketua Bidang II PB PON XX Papua, Roy Letlora menyatakan lagu yang baru dirilis itu  sebagai penyemarak perhelatan multievent empat tahunan itu  pada 2 hingga 15 Oktober 2021.

“Lagu ini membawa pesan semangat pada pelaksanaan PON yang baru pertama kali digelar di Papua. Di dalamnya ada semangat dari Tanah Papua kepada para peserta yang akan bertanding, serta sambutan bagi atlet dari seluruh nusantara,” ungkap Roy Letlora.

Sebelumnya, lagu yang dinyanyikan oleh Qibah Mansawan dan Vien Mangku ini terlebih dulu dikenalkan kepada masyarakat Papua sebagai bentuk sosialisasi.

Hal yang turut disampaikan Roy Letlora adalah bagaimana proses yang harus dilewati sebelum akhirnya mereka memilih lagu “Torang Bisa”.

Diketahui Panitia Besar PON XX Papua menggalakkan program promosi bertajuk PONDEMI untuk meningkatkan animo masyarakat.

Event menarik dan kompetisi berhadiah tersebut di antaranya: kompetisi blogger, virtual ride & run (kompetisi berlari dan bersepeda virtual), kelas inspirasi yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan masih banyak lagi.

Salah satu yang menarik perhatian adalah pembukaan sayembara lagu thema di bulan Maret 2021. Dari event tersebut sebanyak 24 kontestan dari Papua dan luar Papua ikut berkompetisi.

Hingga akhirnya ada 15 kontestan yang masuk dalam tahap penilaian. Setelah melalui penjurian panjang, akhirnya terpilih lagu gubahan Hebat Fatahilah bertajuk “Torang Bisa” sebagai pemenang.