Pemerintah Izinkan PON Papua XX Digelar dengan Penonton

Minggu, 5 September 2021 13:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo PON XX 2021 Papua, dimana PON XX Papua akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo PON XX 2021 Papua, dimana PON XX Papua akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021.

INDOSPORT.COM –  

Pekan Olahraga Nasional atau PON Papua siap digelar pada 2-15 Oktober 2021. Sejumlah persiapan pun dilakukan oleh Panitia Besar PON XX.

Meski sempat tertunda setahun penyelenggarannya, namun PON XX Papua dipastikan tetap digelar. Simpang siur pun terjadi, antara boleh dihadiri penonton atau pun tanpa penonton.

Hal itu menyusul situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda Tanah Air.  Namun, titik terang mengenai hal tersebut mulai muncul.

Melalui instagram resmi PON Papua @ponxx2020papua pada Jumat (03/09/21), diinformasikan bahwa PON XX Papua bakal digelar dengan kehadiran penonton.

“Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua menyambut baik usulan Presiden Joko Widodo mengizinkan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 digekar dengan kehadiran penonton,”

“Ketua Harian panitian Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua, Yunus Wonda mengatakan bahwa usulan Presiden mengizinkan PON digelar dengan kehadiran penonton sesuai dengan harapan bapak Gubernur Papua, Lukas Enembe,”

“Menurut Yunus Wonda, Dinas Kesehatan Provinsi Papua selaku koordinator bidang kesehatan PON dapat berkoordinasi dengan dinas kabupaten/kota, sehingga masyarakat yang ada di sekitar venue PON dapat melakukan vaksin,” tulis instagram resmi PON XX Papua.

Dari pernyataan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa PON XX Papua nanti akan diperbolehkan untuk dihadiri masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi Covid 19.

Tentunya dengan mempertimbangkan protokol kesehatan yang ketat.  Kebijakan itu bisa dimaksudkan agar pertumbuhan ekonomi masyarakat Papua ikut berjalan seiring dengan adanya PON XX Papua.

Melansir website resmi Provinsi Papua, PB PON sendiri telah bekerja sama dengan TNI-POLRI untuk menerapkan standar keamanan yang berlapis.

PB PON juga terus melakukan upaya percepatan vaksinasi bagi kontingen, panitia, dan masyarakat sekitar venue. Bahkan demi standar yang lebih tinggi, tenaga kesehatan untuk PON XX Papua akan menjalani pelatihan khusus.