eSports

Ke Papua, Sandiaga Uno Buka Eksibisi Esports PON XX

Selasa, 21 September 2021 23:43 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno yang juga sebagai Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) membuka pertandingan eksibisi Esports Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

Sandiaga menyampaikan, pemerintah mendorong kontribusi ekonomi digital. Salah satu halnya ialah dari industri games yang menjadi peluang usaha baru.

"Bayangkan saja industri games merupakan merupakan peluang usaha yang potensial untuk k edepan. Kami di Kemenparekraf mencatat revenue industri games di 2019 mencapai 1,3 miliar dolar dan naik 33 persen dalam satu tahun di tahun 2020 menjadi 1,8 miliar dolar," ujar Sandiaga di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Sandiaga menuturkan, tahun 2021 merupakan pertama kalinya Esports masuk menjadi salah satu dari 11 cabang olahraga (cabor) eksibisi. Sehingga, menjadi kesempatan bagi para atlet untuk menjajal keahliannya.

"Pelaksanaan Esports ini dapat memberikan kesempatan bagi para peNcinta olahraga untuk bertanding dan membawa nama besar nama daerah masing-masing di empat lategori permainan," ucapnya.