3 Stadion Indonesia yang Terlantar Usai Jadi Venue PON

Jumat, 24 September 2021 15:12 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© miner8.com
Stadion Palaran, Samarinda Copyright: © miner8.com
Stadion Palaran, Samarinda

INDOSPORT.COM - Jelang dilangsungkannya Pekan Olahraga Nasional (PON 2021), ternyata ada tiga stadion di Indonesia yang nasibnya terlantar dan tak terurus usai jadi venue di gelaran sebelumnya.

PON merupakan ajang olahraga multievent nasional yang bergengsi. Tiap provisinsi akan berlomba-lomba mengirimkan talenta terbaiknya untuk merebut medali emas.

Akan tetapi setelah hingar-bingar itu berlalu, ada tiga stadion yang kini nasibnya terlantar dan tak terawat. Ketiga stadion yang dimaksud adalah Stadion Palaran, Stadion utama Riau, serta Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

1. Stadion Palaran

© [email protected]kaltimpost
Stadion Palaran Copyright: instagram@kaltimpostStadion Palaran

Stadion yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur itu sempat jadi venue PON Kaltim 2008. Sayangnya, beberapa tahun setelah itu kondisinya memprihatinkan. Ada berbagai sudut yang rusak sampai akhirnya diperbaiki lagi. 

Pemprov Kaltim diketahui sempat menawarkan pengelolaan stadion ke pihak swasta. Tujuannya agar Stadion Palaran bisa lebih terawat.

2. Stadion Utama Riau

© Media Indonesia
Stadion Utama Bekas PON Riau yang terbengkalai. Copyright: Media IndonesiaStadion Utama Bekas PON Riau yang terbengkalai.

Stadion ini menjadi venue PON tahun 2012. Saat itu pemerintah harus merogoh anggaran dengan jumlah fantastis untuk melakukan pembangunan.

Akan tetapi kini stadion berkapasitas 40.000 penonton itu justru tidak terurus. Banyak aset barang yang terlantar serta tidak ada pihak yang serius mengurusnya,

Ketua Komisi III DPRD Riau, Husaimi Hamidi mengaku menyayangkan kondisi Stadion Utama Riau. Husaimi meminta Pemprov Riau untuk melakukan penyelamatan seluruh aset-aset tak terurus tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%