Liga Indonesia

Hasil Sepak Bola Putra PON: Papua Rebut Emas dan Top Skor

Kamis, 14 Oktober 2021 20:40 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© ponpapuafoto
Papua sukses merebut emas dari cabang olahraga sepak bola putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dengan menaklukkan Aceh di partai final. Copyright: © ponpapuafoto
Papua sukses merebut emas dari cabang olahraga sepak bola putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dengan menaklukkan Aceh di partai final.

INDOSPORT.COM - Tim tuan rumah, Papua, mampu berjaya dalam cabang sepak bola putra di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Menaklukkan Aceh 2-0 di partai final, anak-anak asuhan Eduard Ivakdalam berhak menggondol medali emas pada Kamis (14/10/21) sore waktu setempat.

Keberhasilan ini mengikuti sukses tim putri yang juga jadi yang terbaik di cabor sepak bola. Pada Senin (11/10/21) lalu mereka menggebuk Jawa Barat dengan skor tipis 1-0.

Aceh bisa dibilang kurang beruntung di laga ini. Selain harus tampil dalam tekanan suporter tuan rumah, skuat besutan Fakhri Husaini yang merupakan mantan pelatih timnas U16 juga sempat bermain dengan sepuluh pemain saja.

Kartu kuning kedua bagi Muharrir membuat Aceh jadi kurang mengigit di babak kedua. Hasilnya Papua semakin nyaman memainkan permainan mereka.

Kapten tim putra Papua, Ricky Ricardo Cawor, jadi bintang lapangan. Penyerang dengan nomor punggung 10 tersebut mampu memborong dua gol kemenangan timnya. Semua gol tercipta di babak pertama.

Raihan tersebut sekaligus mendapuknya sebagai pemain tersubur di cabor sepak bola putra. Total 11 gol ia kumpulkan sejak fase grup hingga partai puncak.

Tidak berhenti sampai di situ, Ricky juga sanggup mencetak rekor sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu gelaran PON. Rekor sebelumnya dipegang oleh legenda Papua dan tim nasional Indonesia yakni Boaz Solossa di edisi 2004 silam.

Sejak awal Ricky memang percaya ia dan timnya bisa keluar sebagai juara. Ini adalah kali ketiga Papua menjadi yang terbaik di ajang sepak bola.