Bola Internasional

Mengenal FA West Papua: ‘Bagian’ Indonesia yang Tergabung di CONIFA

Kamis, 14 Oktober 2021 14:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mengenal FA West Papua, sebuah asosiasi sepak bola di ‘wilayah’ Indonesia yang merupakan anggota CONIFA atau federasi tandingan FIFA.

Dalam artikel sebelumnya, INDOSPORT pernah menuliskan tentang apa itu CONIFA yakni sebuah konfederasi sepak bola untuk negara non FIFA.

CONIFA sendiri memiliki arti Confederation of Independent Football Association atau konfederasi bagi setiap negara-negara yang memiliki badan sepak bola independen.

Sejak 2013, CONIFA berdiri untuk memfasilitasi negara-negara mikro yang tak berafiliasi dengan FIFA agar bisa merasakan kompetisi sepak bola.

Selain mengemban tujuan tersebut, CONIFA juga mengemban misi untuk menjembatani seluruh warga dunia dan menyatukan masyarakat dunia.

Misi ini terbilang mulia, mengingat kehadiran CONIFA memberi kesempatan untuk pemain yang tak terdaftar di ajang internasional untuk unjuk gigi.

Sebagai federasi independen, pihak-pihak yang bertugas di CONIFA tak mendapat bayaran sepeser pun dari perannya di CONIFA.

Independensi CONIFA terlihat jelas dari sumber pendanaannya yang berasal dari sponsor, donasi, hingga dukungan publik untuk menyelenggarakan ajang-ajang bergengsi.

Hingga Mei 2021, tercatat CONIFA memiliki 61 anggota dengan rincian 30 negara di Eropa, 12 negara di Asia, 10 negara di Afrika, 3 negara di Amerika Utara, 2 negara di Amerika Selatan dan 4 negara di Oceania.

Salah satu anggotanya sendiri adalah FA West Papua yang dari namanya saja identik dengan Indonesia. Lantas, bagaimana sepak terjang FA West Papua ini?