Bola Internasional

Mengenal CONIFA, Konfederasi Sepak Bola untuk Negara Non FIFA

Senin, 6 September 2021 14:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© skysports
Logo CONIFA. Copyright: © skysports
Logo CONIFA.

INDOSPORT.COM – Mengenal CONIFA, federasi atau induk organisasi sepak bola bagi negara-negara yang tak termasuk dalam anggota FIFA.

CONIFA memiliki arti Confederation of Independent Football Association atau konfederasi bagi setiap negara-negara yang memiliki badan sepak bola independen.

Biasanya, setiap negara memiliki badan sepak bola yang terdaftar di FIFA. Nantinya, setiap negara yang masuk keanggotaan FIFA bisa mengikuti berbagai ajang resmi.

Piala Dunia, Euro, Copa America, Piala Asia, CONCACAF Gold Cup dan Piala Afrika menjadi contoh turnamen-turnamen bergengsi yang masuk dalam kalender FIFA.

Meski FIFA dikenal sebagai induk organisasi sepak bola di dunia, hanya saja 210 anggota atau negara saja yang tergabung dalam federasi tertinggi sepak bola itu.

Padahal di bumi ini sendiri  masih ada beberapa negara-negara lainnya yang kedaulatannya terkesan minoritas dan kurang diperhitungkan.

Untuk itu, negara-negara ini pun tak masuk dalam keanggotaan FIFA. Untuk mengakomodir kehadiran negara-negara kecil ini, lahirlah CONIFA sebagai wadah untuk mereka.

Lantas, apakah itu CONIFA? Kapankah federasi ini berdiri dan apa tujuan utama dari CONIFA sendiri? Berikut INDOSPORT.com rangkum dalam penjelasan di slide selanjutnya.