Bola Internasional

Timnas Maluku Selatan, Bagian Negara Indonesia yang Pernah Juara di Eropa

Kamis, 11 Juni 2020 06:49 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© UNPO.org
Mengenal Timnas Maluku Selatan, bagian dari negara Indonesia yang pernah menjuarai kompetisi sepak bola di benua Eropa. Copyright: © UNPO.org
Mengenal Timnas Maluku Selatan, bagian dari negara Indonesia yang pernah menjuarai kompetisi sepak bola di benua Eropa.

INDOSPORT.COM - Mengenal Timnas Maluku Selatan, bagian dari negara Indonesia yang pernah menjuarai kompetisi sepak bola di benua Eropa.

Dalam sejarahnya sampai saat ini, ada banyak negara-negara bagian kecil yang belum mendapat pengakuan PBB dan berusaha keras menunjukkan eksistensi mereka terutama melalui bidang olahraga.

Sepak bola sebagai olahraga paling digemari pun tidak luput dari media tempat negara bagian ini mempromosikan diri, dan salah satu ajang atau kompetisi tempat berkumpulnya negara tak diakui tersebut bernama Viva World Cup.

Viva World Cup sendiri merupakan plesetan dari FIFA World Cup, yakni turnamen Piala Dunia Antarklub di luar anggota FIFA yang kini jumlahnya tidak kalah jauh dari anggota resmi FIFA.

Viva World Cup merupakan salah satu turnamen yang dipelopori CONIFA (Confederation of Independent Football Associations), yakni organisasi tidak resmi yang mengatur timnas dari negara kecil (bagian) yang tidak diakui maupun etnis-etnis di dunia.

Dalam era sepakbola modern, FIFA sebagai induk organisasi terbesar menjadi landasan serta acuan bagi negara peserta dalam berkompetisi maupun menjalankan pertandingan persahabatan. 

FIFA bertugas untuk mengatur transfer pemain antartim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia, serta menerbitkan daftar Peringkat Dunia setiap bulannya.

Total hingga 2020, terdapat 210 anggota FIFA yang terbagi dalam enam konfederasi yakni Afrika (CAF), Asia (AFC), Amerika Selatan (CONMEBOL), Amerika (CONCACAF), Eropa (UEFA), dan Oseania (OFC).

Sementara pada CONIFA, sampai saat ini tercatat ada hampir 50 negara bagian serta etnis yang menjadi bagian dan tersebar di berbagai benua mulai dari Asia hingga Eropa bahkan Oseania pun ikut terdaftar sebagai anggota.

Sejak CONIFA pertama kali terbentuk 2013 silam, organisasi ini sudah sembilan kali menyelenggarakan turnamen Viva World Cup dan negara Padania tercatat sebagai tim yang paling sukses meraih gelar juara dengan tiga trofi.

Padania sendiri merupakan negara bagian di wilayah Italia Utara. Sejatinya masih menjadi bagian keseluruhan negara Republik Italia, baik secara De Facto maupun De Jure. 

Namun karena beberapa hal, masyarakat di wilayah Padania ingin lepas dari Italia sehingga beberapa kali kerap terjadi demonstrasi untuk menuntut kemerdekaan mereka.

Indonesia sendiri yang memiliki beragam kepulauan, ternyata memiliki satu etnis cukup besar dan pernah tampil di kompetisi sepak bola non-resmi di Eropa.

Bahkan menariknya, tim dari etnis Indonesia tersebut sukses menjadi juara pada akhir kompetisi. Lantas seperti apakah kisahnya? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulasnya.