NOC Indonesia Usul Atlet dari Luar Negeri Tak Perlu Karantina, PSSI Sepakat

Sabtu, 22 Januari 2022 12:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© NOC Indonesia
Menpora Zainudin Amali dan Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari berbincang mengenai kemungkinan atlet dari luar negeri tak perlu karantina. Copyright: © NOC Indonesia
Menpora Zainudin Amali dan Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari berbincang mengenai kemungkinan atlet dari luar negeri tak perlu karantina.

INDOSPORT.COM - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengusulkan agar atlet yang datang dari luar negeri tak perlu karantina. PSSI mendukung usul ini.

Jika umumnya orang yang datang dari luar negeri harus karantina dan berdiam diri di kamar hotel, demikian pula dengan atlet, tapi mereka kesulitan menjaga kondisi fisik. 

Maka dari itu, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) usul agar pemerintah bisa memberikan kebijakan diskresi karantina terhadap atlet yang datang dari luar negeri.

"NOC Indonesia melihat masa karantina sangat berdampak terhadap kebugaran atlet," ucap Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, kepada media.

"Selain karena tidak boleh keluar kamar, belum tentu di hotel karantina memiliki fasilitas latihan," ungkap Raja Sapta Oktohari.

Hal itu pula yang membuat rencana PSSI untuk menggelar FIFA Match Day untuk timnas Indonesia Januari ini menjadi terhambat, tak lain adalah karena karantina.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua KONI Pusat, Marciano Norman, yang menyambut baik usulan NOC Indonesia, setelah mendapat komplain dari federasi sepak bola (PSSI).

"Saya mendukung usulan Pak Okto. Banyak masalah karantina terkait periodesasi atlet. Karantina di kamar tidak bisa membuat mereka bergerak," kata Marciano Norman.

Setidaknya ada lima federasi nasional yang hadir dalam rapat itu, Perbakin, PSSI, PELTI, PODSI, dan PABSI, yang satu suara untuk meminta kelonggaran masa karantina atlet.