Museum Olahraga Terbesar di Dunia Diresmikan, Sarung Tinju Muhammad Ali Ikut Dipajang

Jumat, 1 April 2022 01:30 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Getty images
Museum Olahraga Terbesar di Dunia Diresmikan, Sarung Tinju Muhammad Ali Ikut Dipajang. Copyright: © Getty images
Museum Olahraga Terbesar di Dunia Diresmikan, Sarung Tinju Muhammad Ali Ikut Dipajang.

INDOSPORT.COM - Qatar baru saja membuka salah satu museum olahraga terbesar di dunia pada Rabu (30/03/22). Berbagai benda artefak unik dipajang termasuk sarung tinju Muhammad Ali.

Museum Olimpiade dan Olahraga Qatar 3-2-1 seluas 19.000 meter persegi itu berlokasi di sebelah salah satu stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia tahun ini.

Pembangunan museum sekaligus mengumpulkan beragam artefak bersejarah olahraga itu memakan waktu lebih dari 15 tahun.

Setelah menjelajahi koleksi pribadi dan bernegosiasi dengan Komite Olimpiade Internasional dan federasi lainnya, akhirnya terkumpul 17.000 objek termasuk sarung tangan yang dikenakan mendiang legenda tinju Muhammad Ali ketika memenangkan medali emas Olimpiade Roma 1960.

Kemudian ada juga sebuah mobil balap Ferrari yang dikendarai juara Formula Satu Michael Schumacher serta kostum yang dikenakan legenda sepak bola Brazil Pele.

Ada juga pemukul kriket yang menjadi idola India Sachin Tendukar dan obor dari setiap Olimpiade modern. Museum ini menjadi bagian dari proyek miliaran dolar pemerintah Qatar membangun negara Teluk itu menjadi surga budaya di samping pengeluaran besar untuk acara olahraga.

Direktur museum Abdulla Al Mulla membantah keberadaan museum itu hanya dimaksudkan untuk menyoroti kekayaan Qatar.

"Kami tidak pamer. Kami memiliki kepercayaan diri, kami mendapatkan kepercayaan dari federasi internasional," ujar Abdulla Al Mulla dilansir dari AFP.

Al Mulla juga mengatakan bahwa keluarga penguasa Qatar ingin agar museum itu juga menampilkan warisan olahraga domestik.