Bukan Sutjiati Narendra, Indonesia Ternyata Kirim Atlet Senam Ini ke SEA Games 2021

Kamis, 21 April 2022 18:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Tidak mengikutsertakan atlet kelahiran Amerika Serikat Sutjiati Narenda, Indonesia ternyata memiliki wakilnya di cabang olahraga senam ritmik pada SEA Games.Foto: [email protected]

INDOSPORT.COM – Tidak mengikutsertakan atlet kelahiran Amerika Serikat Sutjiati Narendra, Indonesia ternyata memiliki wakilnya di cabang olahraga senam ritmik pada SEA Games di Hanoi, Vietnam. Siapakah dia?

Sutjiati Narendra baru-baru ini menulis surat terbuka di Instagram. Isinya, dia mengaku kesal karena tidak dipilih oleh Kemenpora berangkat ke SEA Games 2021 Hanoi untuk mewakili Indonesia.

Keputusan Kemenpora ini membuat Sutjiati kecewa. Pasalnya, dirinya sudah berkorban menanggalkan kewarganegaraan Amerika demi totalitas mewakili Indonesia di turnamen internasional.

Peraih dua medali emas PON Papua 2020 itu pun terpaksa mengubur impiannya tampil di SEA Games. Sementara, tahun-tahun emasnya sebagai pesenam sudah hampir habis.

Masalah ini sempat menjadi sorotan publik di tanah air. Sampai-sampai presenter kondang Deddy Corbuzier bersedia menawarkan bantuan dana agar Sutjiati tetap bisa ikut ke SEA Games 2021.

Melansir dari Antara,  prestasi Sutjiati ternyata belum masuk kriteria sebagai atlet yang layak untuk diberangkatkan ke SEA Games 2021. Menurut tim review PPON kemenpora, ada pesenam lain yang prestasinya lebih baik dari Sutjiati, yakni Rifda Irfanaluthfi.

Rifda Irfanaluthfi diketahui sudah teruji prestasinya untuk level SEA Games, termasuk mempersembahkan satu emas dan tiga perak pada edisi 2019 di Manila.

Sementara, Sutjiati tidak diberangkatkan ke SEA Games Manila karena kalah saing dengan pesenam lain Dia juga baru menunjukkan prestasi di ajang PON Papua.