Sempat Terancam Mundur, Asian Games Tetap Berlangsung di China 2022

Minggu, 24 April 2022 21:49 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INASGOC
Bendera China, tuan rumah Asian Games berikutnya, dikibarkan di SUGBK saat upacara penutupan tahun 2018. Foto: INASGOC. Copyright: © INASGOC
Bendera China, tuan rumah Asian Games berikutnya, dikibarkan di SUGBK saat upacara penutupan tahun 2018. Foto: INASGOC.

INDOSPORT.COM - Spekulasi berkembang perihal perhelatan Asian Games Hangzhou 2022. Ajang sekelas Olimpiade tersebut kemungkinan akan ditunda, imbas membludaknya kasus COVID-19 di China dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut laporan kantor berita AFP, seorang pejabat Dewan Olimpiade Asia (OCA), yang tidak ingin disebutkan namanya, menyebut ada rencana agar Asian Games dijadwal ulang dari semula tanggal 10 hingga 25 September 2022 ke tanggal baru pada tahun 2023.

Asian Games 2022 dijadwalkan akan diadakan pada bulan September di Hangzhou, wilayah metropolitan, yang jaraknya kurang dari 200 km barat daya dari kota Shanghai.

Sebagaimana diketahui, Shanghai saat ini tengah bergulat dengan keadaan darurat karena lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan,

Sekitar 25 juta penduduk di Wilayah Shanghai telah berada dalam status karantina wilayah selama berminggu-minggu sejak akhir Maret lalu.

Pihak berwenang setempat tengah mencoba untuk menerapkan berbagai skema, demi menekan kenaikan gelombang Covid-19 yang dipicu oleh varian virus corona omicron tersebut, sebelum perhelatan Asian Games 2022 dimulai.

Melihat situasi di China saat ini, tak heran jika ada wacana penundaan Asian Games tahun ini karena lonjakan kasus Covid-19 yang belum terkendali.

Namun, Presiden Dewan Olimpiade Malaysia, Norza Zakaria. telah membantah pernyataan tersebut.

"Asian Games 2022 di China akan berlangsung," kata Norza Zakaria kepada AFP, dikutip dari Channel News Asia (24/04/2022).

"Kami telah mengonfirmasinya dengan OCA (Dewan Olimpiade Asia) dan panitia penyelenggara," ungkapnya.