Chen Long Dikabarkan Pensiun dan Jadi Pelatih Usai Asian Games 2022

Jumat, 18 Februari 2022 18:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Lintao Zhang/Getty Images.
Pebulutangkis tunggal putra China, Chen Long, dikabarkan akan pensiun sebagai atlet dan berpindah menjadi pelatih usai perhelatan Asian Games 2022. Copyright: © Lintao Zhang/Getty Images.
Pebulutangkis tunggal putra China, Chen Long, dikabarkan akan pensiun sebagai atlet dan berpindah menjadi pelatih usai perhelatan Asian Games 2022.

INDOSPROT.COM – Pebulutangkis tunggal putra China, Chen Long, dikabarkan akan pensiun sebagai atlet dan berpindah menjadi pelatih usai perhelatan Asian Games 2022.

Melansir laman Aiyuke, pada Sabtu (12/02/22), media lokal Chian itu menyebut bahwa Chen Long akan pensiun setelah multievent Asian Games 2022.

Pesta olahraga terbesar di Asia itu akan dihelat di Hangzhou, China, pada 10-25 September 2022. Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu disebut akan gantung raket usai berpartisipasi di sana.

Tak hanya berhenti berkarier sebagai atlet, media China itu juga mengungkapkan bahwa usai pensiun, Chen Long akan berpindah haluan menjadi pelatih di Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA).

Belum diketahui secara pasti tentang kebenaran berita ini. Namun, melihat sepak terjangnya, Chen Long  yang berusia 33 tahun, memang menjadi salah satu pebulutangkis dengan gelar terlengkap.

Betapa tidak, Chen Long telah meyabet gelar dari berbagai ajang. Seperti meraih medali emas Olimpiade Rio 2016, medali perak Olimpiade Tokyo 2020, dan medali perunggu Olimpiade London 2012.

Dari Kejuaraan Dunia, Chen Long juga telah menyabet medali emas pada edisi 2014-2015, serta medali perunggu pada edisi 2017.

Pada Kejuaraan beregu Asia, dia juga telah menyabet medali emas edisi 2017, perak Asian Games 2014, hingga rangkaian BWF World Tour.

Hanya satu impian yang ingin dicapainya di usia senior, yakni menyabet medali emas multievent Asian Games. Hal itu pernah diutarakan menyusul rencana pensiunnya.

"Untuk nomor tunggal putra, saya sudah memberikan semua yang saya miliki. Ini pertandingan nasional terakhir saya, tetapi yang jelas ini bukan pertandingan terakhir saya," kata Chen Long melansir Sohu.

"Saya masih punya mimpi dan cita-cita lain di bulutangkis. Salah satunya untuk saat ini adalah Asian Games tahun depan di Hangzhou (2022)," sambungnya.