Total Ratusan Miliar, Intip Bonus Fantastis Para Atlet Berprestasi Indonesia di SEA Games 2021

Selasa, 14 Juni 2022 05:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Lukas/Biro Pers Sekretariat Pres
Presiden Jokowi memberikan bonus kepada atlet SEA Games 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/06/22). Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Pres Copyright: © Lukas/Biro Pers Sekretariat Pres
Presiden Jokowi memberikan bonus kepada atlet SEA Games 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/06/22). Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Pres

INDOSPORT.COM – Capai ratusan miliar rupiah jika ditotal, berikut rincian jumlah bonus yang bakal diterima para atlet Indonesia yang berprestasi di ajang SEA Games 2021 silam.

Kontingen Indonesia memang tampil cukup impresif dalam pesta olahraga terbesar se Asia Tenggara, SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam sepanjang bulan Mei lalu.

Dalam gelaran SEA Games ke-31 tersebut, tim Indonesia berhasil finish di urutan ketiga dengan koleksi 69 medali emas, 92 perak, serta 80 perunggu.

Atas prestasi tersebut, Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaan atas prestasi Tim Indonesia di SEA Games yang mampu memperbaiki peringkat pada empat edisi SEA Games sebelumnya.

Dengan keberhasilan ini, diharapkan dapat menjadi awal positif bagi kebangkitan olahraga Merah Putih. Peningkatan ini diinginkan berlanjut di multi event olahraga selanjutnya, baik tingkat regional, Asia, hingga dunia yakni Olimpiade.

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono bersyukur karena kontingen yang dibawanya dapat memenuhi harapan Presiden RI Joko Widodo.

Lelaki yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) berharap prestasi ini dapat berlanjut.

“Sejak awal keberangkatan, kami tidak diberikan target tertentu. Namun berdasarkan hitungan dan analisa kami memang Tim Indonesia ini bisa masuk tiga besar dan Alhamdulillah prestasi itu dapat kami raih,” kata Ferry Kono selaku Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia usai mendampingi atlet-atlet Tanah Air yang diterima Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/06).

“Semoga capaian ini bisa menjadi penyemangat Tim Indonesia ke depan karena mekanisme baru pengiriman atlet membuktikan bahwa pembinaan prestasi olahraga kita telah berada di jalur tepat,” tambahnya.

Imbas dari capaian prestasi sepanjang gelaran SEA Games 2021, Presiden Joko Widodo turut memberi apresiasi berupa bonus uang dengan nilai total Rp 130,5 miliar untuk para atlet.

Serta total Rp 32 miliar untuk para pelatih dan asisten pelatih yang mendampingi para atlet di ajang SEA Games 2021 kali ini.