Cetak Sejarah di SEA Games 2021, Timnas Basket Indonesia Diguyur Bonus Rp5 Miliar

Minggu, 5 Juni 2022 12:23 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Subhan Wirawan
© NOC Indonesia/MP Media/Iqbal Fauzi
Tim basket putra Indonesia mencetak sejarah dengan menumbangkan Filipina dan merebut emas SEA Games pertama sejak 1977 di SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium, Minggu (22/5). Copyright: © NOC Indonesia/MP Media/Iqbal Fauzi
Tim basket putra Indonesia mencetak sejarah dengan menumbangkan Filipina dan merebut emas SEA Games pertama sejak 1977 di SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium, Minggu (22/5).

INDOSPORT.COM – Berkah tak henti-hentinya diterima Timnas Basket Indonesia yang bakal diguyur bonus Rp5 miliar usai mencatatkan sejarah di ajang SEA Games 2021.

Pesta olahraga terbesar di benua Asia Tenggara bertajuk SEA Games baru saja resmi berakhir pada 12 - 23 Mei 2022 kemarin.

Indonesia menjadi salah satu negara yang mengirimkan banyak atletnya sekaligus demi mengharumkan nama bangsa di kancah Asia Tenggara.

Menurut klasemen perolehan medali akhir, Indonesia berada di urutan ketiga dengan total 241 medali, dengan rincian 69 emas, 91 perak dan 81 perunggu.

Tim tanah air hanya kalah dari tuan rumah Vietnam yang menduduki peringkat pertama dengan total 446 medali, kemudian Thailand dengan 331 raihan medali.

Meski demikian, pencapaian Indonesia dianggap mampu memenuhi target dan berada di posisi tiga teratas dari 11 negara Asia Tenggara yang berpartisipasi.

Banyak hal menarik yang terjadi di SEA Games 2021, salah satunya ialah Timnas Basket Indonesia mampu mencatatkan sejarah di ajang dua tahunan tersebut.

Seperti yang diketahui, Timnas bola basket putra Indonesia sebelumnya mematahkan dominasi Filipina yang selalu menyabet emas setidaknya dalam 13 edisi SEA Games berturut-turut.

Filipina yang merupakan raja bola basket Asia Tenggara itu dipaksa menyerah dengan skor 81-85 atas Indonesia di babak final.

Hal ini pun membuat Indonesia mencetak sejarah, yakni untuk pertama kalinya membawa pulang emas sejak berpartisipasi dalam ajang SEA Games pada 1977 silam. Kesuksesan ini membuat Timnas Basket Indonesia pun mendapatkan guyuran bonus.