In-depth

Mengenal 14 Cabang Olahraga di ASEAN Para Games 2022, Indonesia Targetkan 104 Medali Emas

Kamis, 28 Juli 2022 13:39 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Asean Para Games 2022. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Asean Para Games 2022.

INDOSPORT.COM - Berikut 14 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di ASEAN Para Games 2022, di mana Indonesia menargetkan meraih 104 medali emas.

ASEAN Para Games merupakan pesta olahraga dua tahunan untuk para atlet difabel dari negara-negara Asia Tenggara. Di edisi 2022, Indonesia beruntung karena ditunjuk sebagai tuan rumah.

ASEAN Para Games 2022 bakal digelar di kota Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang. Ajang ini menjadi penyelenggaraan yang ke-11, di mana kota Solo juga pernah menjadi venue di edisi 2011 silam.

Berikut INDOSPORT telah merangkum 14 cabang olahraga yang dipertadingkan di ASEAN Para Games 2022:

1. CP Football

CP Football merupakan sepak bola yang hanya menggunakan tujuh pemain setiap tim di lapangan. Olahraga ini untuk atlet yang memiliki gangguan neurologis termasuk stroke dan cedera otak traumatis.

Dalam peraturannya, CP Football tidak ada offside dan pemain diperbolehkan melempar bola hanya dengan menggunakan satu tangan.

Pertandingan ini menggunakan lapangan ukuran kecil dan terdiri dari dua babak dengan masing-masing berdurasi 30 menit serta 15 menit waktu istirahat.

2. Para Bulutangkis

Para Bulutangkis hampir tidak ada bedanya dengan badminton pada umumnya. Hanya saja, ada penyesuaian terkait bidang permainan dan klasifikasi pemain berdasarkan kondisi fisik mereka seperti:

- WH1 (Kursi roda/disabilitas kelas berat)
- WH2 (Kursi roda/disabilitas kelas ringan)
- SL3 (Berdiri dengan disabilitas minor pada bagian bawah tubuh)
- SL4 (Berdiri dengan disabilitas serius pada bagian bawah tubuh)
-SU5 (Berdiri dengan disabilitas bagian atas tubuh)
- SH6 (Berdiri/postur pendek).