Student Athletics Championships 2022, Munculkan Talenta Muda Potensial di Hari Pertama

Sabtu, 8 Oktober 2022 13:13 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© SAC Indonesia 2022
Ajang Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 yang digelar di Mimika Sports Complex, Papua, 30 September hingga 2 Oktober. Copyright: © SAC Indonesia 2022
Ajang Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 yang digelar di Mimika Sports Complex, Papua, 30 September hingga 2 Oktober.

INDOSPORT.COM - Setelah merampungkan kualifikasi perdana di Kota Mataram (Bali-Nusra Qualifiers) pada 30 September hingga 2 Oktober lalu, kompetisi atletik pelajar terbesar tanah air Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 - Papua Qualifiers dimulai Jumat (07/10/22).

Berlangsung di Mimika Sports Complex (MSC), Lebih dari 2.500 atlet pelajar Mewakili 90 sekolah yang datang dari berbagai kota dan kabupaten di provinsi Papua saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. 

Pada ajang penjaringan bibit-bibit potensial atletik bagi pelajar tingkat SD hingga SMA.

Hasil kolaborasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia, yang juga didukung oleh PT Mayora Indah Tbk ini.

Baru memulai hari pertama penyelenggaraan di provinsi paling ujung timur Indonesia ini, Energen Champion SAC di Mimika (Papua Qualifiers) langsung memunculkan talenta muda potensial. 

Salah satunya datang dari persaingan nomor tolak peluru putra jenjang SMP. Meliaton Kum dari SMPS Petra Timika keluar sebagai pemenang. Dengan mencatatkan jarak sejauh 11,25 meter. 

Disusul oleh Yosep Gwijangge dari SMPN 7 Mimika yang harus puas menempati posisi runner-up dengan 10,83 meter. Sementara tempat ketiga diraih Akim Wantik dari SMPN Sentra Pendidikan dengan 10,47 meter.

Tak hanya sukses menjadi champion Papua Qualifiers. Catatan jarak lemparan Meliaton. Beserta tiga posisi teratas di Papua Qualifiers ini ternyata berhasil mempertajam rekor lemparan terbaik dari champion Bali-Nusra Qualifiers, yang dicatatkan atas nama M. Fardan (SMPN 13 Mataram) dengan jarak 10,20 meter.

Hari pertama Energen Champion SAC di Mimika pada Jumat (07/10/22), dimulai dengan sesi pertama yang dimulai pukul 08.00 WIT. Selain tolak peluru putra dan putri tingkat SMP, juga melombakan babak penyisihan lari 800 meter putri untuk kategori SMP.