NOC Indonesia Rilis 36 Cabor SEA Games 2023 Kamboja, Ini Daftar Lengkapnya

Selasa, 17 Januari 2023 16:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS
Rahmat Erwin Abdullah memamerkan medali emas yang didapatkannya di kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu (21/05). Foto: NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS Copyright: © NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS
Rahmat Erwin Abdullah memamerkan medali emas yang didapatkannya di kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu (21/05). Foto: NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS

INDOSPORT.COM - Komite Olimpiade Indonesia (KOI atau NOC Indonesia) resmi merilis ada 36 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di SEA Games 2023.

Kamboja untuk kali pertama akan menjadi tuan rumah SEA Games 2023. Ajang pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara ini akan dihelat mulai tanggal 5-17 Mei 2023.

Sebelumnya, ada 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di lima lokasi, yakni ibu kota negara Phnom Penh, Siem Reap, Preah Sihanouk, Kampot, dan juga Kep.

Namun setelah diskusi panjang, Cambodia SEA Games Organizing Committee atau CAMSOC akhirnya merilis ada 36 cabor yang akan dipertandingkan nantinya.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengatakan NOC Indonesia telah mengupayakan diplomasi agar cabor andalan Indonesia dapat dipertandingan.

"Pekan lalu ada rapat SEAGF, dan hasil rapat kemarin memutuskan finalisasi cabor SEA Games Kamboja," ungkap Raja Sapta.

"Ada beberapa cabor yang tidak jadi dipertandingkan, seperti body building karena non-compliance dengan anti-doping code, ada juga dance sports kategori latin."

"Kami secara bertahap sudah mengirimkan technical handbook kepada national federation, dan ini nantinya juga dapat diakses di laman resmi NOC Indonesia."

"NOC Indonesia juga telah menyampaikan adanya perubahan konstituen untuk sport programs SEA Games, akan ditindaklanjuti SEAGF. Aturan ini harus diubah, harus berkembang demi meningkatkan mutu olahraga ASEAN," tegas Raja Sapta lagi.

"Cabor yang dipertandingkan di SEA Games harus merujuk pada multievent di atasnya, yakni Asian Games dan juga Olimpiade, sehingga atlet yang dikirim ada acuan prestasinya," tuntas Raja Sapta Oktohari.