Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2023 Berjalan Sukses, Incar Tiket Olimpiade Musim Dingin

Selasa, 31 Januari 2023 13:49 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© IISO
Kejuaraan Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2023. (Foto: IISO) Copyright: © IISO
Kejuaraan Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2023. (Foto: IISO)

INDOSPORT.COM - Kejuaraan Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2023 Figure Skating (seluncur indah) sukses digelar dari tanggal 26-29 Januari 2023 di Bintaro Jaya Xchange Ice Skating Rink (BX Rink), Tangerang Selatan, Banten.

Pada ajang tersebut, ratusan atlet ice skating menunjukkan segala kemampuannya untuk bersaing. Mereka adalah atlet-atlet muda Indonesia dan ada juga jadi tiga negara tetangga yakni Malaysia, China dan Filipina.

Indonesia diwakili sembilan ice rink, antara lain Bintaro Jaya Xchange Rink, Rink, Sky Rink Jakarta, Oasis Centre Arena Skating Rink, Gardenice dan Bali Ice Skating Arena, Sunway Pyramid Ice, Blue Ice Skating Rink, Ice Castle Internasional Training Center dan SM Mall of Asia Ice Skating Rink.

Kategori yang dipertandingkan mulai dari usia dini yakni atlet termuda berusia 3 tahun hingga sampai usia 52 tahun.

Direktur kompetisi IISO 2023, Wiwin Darmawan Salim menyatakan, IISO merupakan ajang pembuktian bagi para atlet muda untuk meraih prestasi di cabang olahraga ice skating.

Kejuaraan  ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan jam tanding para atlet, sekaligus melahirkan bibit-bibit baru.

Para arlet muda tersebut akan disiapkan untuk mengikuti berbagai kejuaraan di jenjang lebih tinggi.

Menurut Wiwin, yang membedakan dengan kejuaraan tahun lalu adalah kembali diadakannya Ice Hockey Challenge. Sehingga pada tahun ini ada dua kategori pertandingan yaitu figure skating dan ice hokey (hoki es).

Untuk olahraga figure skating sendiri mempertandingkan enam kategori meliputi teknikal, artistik, spotlight, speed racing, footwork dan ritmik.

“Indonesia Ice Skating Open merupakan salah satu ajang pembelajaran untuk atlet-atlet muda Indonesia khususnya pada jenis seluncur indah, hoki es dan balap ski. Melalui kompetisi ini, diharapkan dapat menjadi tolok ukur bagi para atlet untuk menuju kompetisi yang lebih besar,” katanya Wiwin yang manager Bintaro Jaya Xchange Rink.