KONI Pusat Resmikan Kioji Pertama di Indonesia untuk Dukung Industri Olahraga

Kamis, 23 Februari 2023 19:03 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelantikan kepengurusan KONI Jabar 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (21/02/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelantikan kepengurusan KONI Jabar 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (21/02/23).

INDOSPORT.COM - Ketua umum (Ketum) KONI Pusat, Marciano Norman, meresmikan Koperasi Olahraga Jaya Indonesia (Kioji) yang pertama di komplek GOR Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (21/02/23). 

Marciano mengatakan, Kioji yang baru diresmikannya merupakan program dari KONI pusat. Untuk di Jawa Barat sendiri, Kioji merupakan hasil kerjasama antara KONI Jawa Barat dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal yang memproduksi apparel olahraga, diantaranya jersey hingga sepatu olahraga.

Sehingga, menurut Marciano program tersebut menjadi salah satu cara KONI dalam mendukung kemajuan UMKM lokal terutama yang memproduksi apparel olahraga.

"Hari ini saya meresmikan Koperasi Olahraga Jaya Indonesia atau kita sebut Kioji. Kioji ini adalah KONI Jawa Barat bekerja sama dengan UMKM yang memproduksi apparel dari industri dalam negeri dan kita mencoba mempromosikan itu," kata Marciano di komplek GOR Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (21/02/23). 

Marcio menilai apparel olahraga yang diproduksi oleh UMKM lokal kualitasnya tidak kalah dari produk luar negeri, sehingga pihaknya berharap masyarakat Indonesia terutama insan olahraga nasional bisa mendukung hasil produk dalam negeri.

"Kita bekerja sama dengan para pengusaha, pengrajin untuk mempromosikan hasil karya mereka dan kita lihat hasil yang diproduksi juga semakin baik," ucapnya.

"Tapi itu juga perlu didukung oleh masyarakat Indonesia dengan mereka mau mencoba dan memakainya. Karena dengan atlet-atlet kita kalau mau menggunakan itu Insya Allah industri olahraga berjalan dengan baik," ujarnya.

Selain itu, program dari KONI pusat ini, diharapkan bisa diterapkan juga oleh KONI provinsi lainnya. Pasalnya dengan Kioji ini, diharapkan kedepannya KONI bisa lebih mandiri dan memiliki penghasilan tambahan dari koperasi olahraga jaya Indonesia.

"KONI juga yang bekerja sama dengan mereka bisa mendapat keuntungan. Jadi KONI menuju kemandiriannya itu suatu hari bisa terwujud karena apa, KONI mendapat penghasilan lain dari APBD dan APBN," urainya.

"Jadi saya mengucapkan selamat Ketua KONI Jawa Barat dan Ketua KIOJI Jawa Barat, Insya Allah ini yang pertama dan semakin hari semakin baik dan dampaknya untuk industri olahraga dalam negeri makin kita rasakan," jelasnya.