In-depth

Unik! Cabor-Cabor Bela Diri SEA Games 2023 dengan Nama yang Tak Biasa

Jumat, 14 April 2023 21:24 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© SEA Games 2023
Ada yang menarik dari cabor-cabor bela diri yang akan ditampilkan di SEA Games 2023. Copyright: © SEA Games 2023
Ada yang menarik dari cabor-cabor bela diri yang akan ditampilkan di SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Ada yang menarik dari cabor-cabor bela diri yang akan ditampilkan di SEA Games 2023. Sejumlah namanya banyak yang tidak familier di telinga publik.

Menurut laman KBBI, bela diri adalah seni mempertahankan diri yang mengutamakan ketahanan dan kekuatan fisik, tersebar di seluruh dunia dengan teknik dan ciri khas masing-masing.

Ya, tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia misalnya, orang-orang mengenal pencak silat, bakti negara, tarung drajat, dan masih banyak lagi.

Pencak silat Indonesia di SEA Games 2021 sendiri telah menyumbang medai emas, perak, dan tidak ketinggalan perunggu di berbagai kelas dan nomor.

Nah, bagaimana dengan SEA Games 2023? Tentu saja, pencak silat menjadi salah satu cabor yang nantinya akan dipertandingkan di Kamboja.

Namun selain pencak silat, para penonton SEA Games nantinya juga akan dimanjakan dengan cabor-cabor bela diri lainnya yang tidak kalah seru.

Hanya saja, ada beberapa cabor yang namanya terdengar asing di telinga. Bahkan, tidak sedikit orang yang sama sekali belum mengenalnya. Nah, kira-kira apa saja?

Kun Bokator

Merupakan cabor baru yang dipertandingkan di SEA Games 2023. Olahraga bela diri ini berasal dari Kamboja dan sudah dipraktikkan sejak abad ke-12.

Olahraga ini mengutamakan kekuatan fisik, mental, dan kedisiplinan para atlet/pelakunya, dan tidak menggunakan kekerasan.

Saat ini, keberadaan kun bukator masih terus dilesarikan di Kamboja oleh berbagai kalangan maupun lapisan masyarakat.